Friday, February 8, 2013

Selangor Has More

Ada satu perjalanan yang tak bisa lepas dari ingatanku. Perjalanan itu menempuh waktu yang cukup panjang karena dimulai dari Palm Tree Resort, Sepang. Kali ini, Selangor Tourism akan membawaku dan 19 peserta My Selangor Story lainnya untuk mengunjungi dua tempat yang eksotis yaitu Bukit Melawati di Kuala Selangor dan Kampung Kuantan. Ditengah perjalanan bus kami tiba-tiba berhenti di suatu tempat yang tidak ada di dalam list perjalanan. Tempat itu bukan Bukit Melawati pun Kampung Kuantan, melainkan sebuah kedai es cendol. Kedai es cendol ini tak begitu besar. Kecil saja. Tapi kumpulan roda empat yang parkir di sekelilingnya melebihi ukuran besar kedai itu sendiri. Ia bernama Cendol Bakar. Sebagai informasi, Cendol Bakar bukanlah cendol yang dibakar. Kata Bakar diambil dari nama belakang pendirinya yaitu Abu Bakar. 

Cendol ini free refill lho!
Cendol Bakar ini memiliki fasilitas Drive Thru yang, satu-satunya di Malaysia

Cendol Bakar rasa durian

Selepas menyantap Cendol Bakar kamipun melanjutkan perjalanan ke Bukit Melawati. Sesampai di bukit ini kami disuguhkan oleh pemandangan yang amat hijau yang memanjakan mata. Disini juga terdapat peniggalan sejarah masa lalu Selangor yang mana bukit yang menghadap langsung ke Selat Malaka ini dulunya adalah tempat kediaman Sultan Selangor yaitu Sultan Abdul Samad sebelum beliau pindah ke Bukit Jugra di Kuala Langat. Tak hanya itu, kami juga berkesempatan untuk bercengkrama dengan monyet-monyet jinak yang berkeliaran bebas di bukit itu. 

Peta Bukit Melawati
Abang Safrie sedang bercengkrama dengan seekor monyet. Bang Safrie berpendapat bahwa anak yang sedang digendong oleh monyet ini adalah hasil dari hubungan diluar nikah dikarenakan warna bulunya berbeda dengan induknya.

Kala matahari hendak terbenam, kami melanjutkan perjalanan ke Kampung Kuantan untuk menyaksikan sekumpulan binatang yang berkelap-kelip. Kumpulan binatang ini amat unik. Mereka berkelap-kelip dipinggiran Sungai Selangor sehingga pohon-pohon yang mereka hinggapi terlihat seperti pohon natal yang dipenuhi oleh lampu.


Perjalananku ke Bukit Melawati dan Kampung Kuantan merupakan salah satu perjalanan yang akan selalu ku kenang meskipun dua tempat ini hanyalah sebagian kecil dari pesona Selangor. Selangor has more!