Sunday, April 24, 2011

Orang Indonesia di Balik Temuan Planet Alien

para astronom temukan planet baru. Membuka jalan bagi ilmuwan. Dipimpin astronom indonesia

ini temuan terkini dalam dunia astronomi. Sebuah planet baru. Ditemukan oleh max planck institut fur astronomie (mpia) di jerman. Diberi nama planet hip 13044b, sebab dia mengelilingi hip 13044, sebuah bintang tua yang sudah sekarat. Temuan baru ini dilansir kamis, 18 november 2010. Dipublikasikan secara luas ke seluruh dunia hari ini.

Kisah tentang angkasa luar, temuan planet, dan sebagainya kerap kali membuat kita kagum. Kadang juga bingung. Sebab istilah dan kodenya begitu banyak. Agar cerita tentang planet baru itu mudah dipahami, ada baiknya kita buka kembali cerita para guru soal jagat raya ini.

Semenjak di bangku sekolah kita diajari bahwa dalam jagat raya ini terdapat sejumlah galaksi. Salah satunya adalah milky way, yang oleh kita lebih dikenal dengan sebutan galaksi bima sakti. Dalam bima sakti itulah bumi yang kita huni ini dan sejumlah planet lain menetap.

Di luar itu masih banyak galaksi lain. Salah satunya adalah sebuah galaksi mini. Planet-planet di galaksi mini mengitari sebuah bintang induk bernama hip 13044. Para ahli menghitung bahwa galaksi mini ini berjarak sekitar 2000 tahun cahaya dari bumi.

Tapi bintang induk itu kian renta. Daya gravitasi terhadap sejumlah planet yang mengitarinya kian lemah. Melemahnya daya gravitasi itu menyebabkan sejumlah planet terlepas dan disedot oleh daya gravitasi galaksi yang lain.

Satu dari sekian planet di sekitar bintang yang renta itu, ditarik oleh daya gravitasi galaksi bima sakti. Daya tarik itu menyebabkan planet itu masuk ke dalam lingkungan galaksi bima sakti. Proses penarikan itu juga kerap disebut sebagai "kanibalisme" galaksi. Sejumlah ahli menaksir bahwa proses kanibalisme itu terjadi 6 hingga 9 miliar tahun silam.

Planet yang masuk ke bima sakti itulah yang ditemukan sejumlah astronom di jerman tadi. Lantaran dia berasal dari lingkungan hip 13004, maka planet yang baru ditemukan itu diberi imbuhan b menjadi hip 13004b. Planet ini menjadi "anak kost" di galaksi bima sakti. Ukurannya, sedikit lebih besar dari yupiter.

Apa pentingnya temuan planet baru itu buat kita?

Rainer klement dari mpia menuturkan bahwa temuan itu sangat menarik, sebab inilah pertama kalinya manusia menemukan adanya planet lain di luar galaksi kita. Temuan itu juga, lanjut rainer, membuka jalan bagi para astronom untuk meneliti kelangsungan hidup galaksi bima sakti, juga kelangsungan hidup bumi yang kita huni ini.

Para ahli itu menghitung bahwa sekitar lima miliar tahun yang akan datang, matahari juga perlahan akan redup. Dia akan memasuki fase "raksasa merah" yaitu fase di mana kekuatannya meredup dan daya grativitasinya melemah. Ketika daya gravitasi melemah itulah, planet-planet yang mengitarinya--termasuk bumi-- "dimangsa" oleh matahari atau disedot oleh gravitasi galaksi yang lain.

“penemuan ini sangat menarik terutama ketika kita memahami masa depan tata surya, bahwa matahari juga akan berubah menjadi 'raksasa merah' lima miliar tahun mendatang," kata pemimpin proyek, johny setiawan – astronom indonesia yang juga bekerja di mpia.

Lalu mengapa si hip 13044b itu selamat dan tidak tertelan oleh planet induknya. Johny memperkirakan lantaran planet itu berotasi lebih cepat dari planet-planet yang lain. Namun dia tidak akan hidup selamanya, sebab bintang induk itu akan berkembang dalam tahap evolusi berikutnya. Saat itulah nanti-- miliaran tahun lagi-- planet ini tertelan.

Johny setiawan memperkirakan bahwa nanti, saat matahari memasuki fase penuaan dan menjadi raksasa merah, bumi mungkin tak akan selamat.
"planet-planet dalam, termasuk bumi, mungkin tidak akan bertahan hidup," kata johny setiawan pada space.com. "tapi jupiter, saturnus dan planet-planet luar mungkin pindah mendekat, persis seperti yang kami deteksi."

namun, pada akhirnya semua akan binasa. Suatu ketika si yupiter itu pun akan tertelan, sebagaimana nasib si hip 13044b, yang karena datang dari antah berantah itu kemudian disebut planet "alien".

Dipimpin astronom indonesia

kita boleh berbangga karena tim penemu planet alien ini dipimpin astronom indonesia, johny setiawan.dr.rer.nat. Meski gemilang di luar negeri, tak banyak orang indonesia yang tahu siapa dan sepak terjang sang astronom.

Pria kelahiran 16 agustus 1974 ini bekerja di max planck institute for astronomy (mpia), jerman. Hebatnya, ia orang non-jerman yang dipercaya berkali-kali sebagai ketua tim proyek.

Ia bergabung sebagai peneliti post-doctoral di mpia, di department of planet and star formation sejak juni 2003. Di tahun yang sama pula ia mulai memimpin penelitian di observasi bintang dan planet eso la silla. Selain itu, ia juga bekerja secara khusus di sejumlah projek seperti espri (pencarian planet dengan prima/ phase-referenced imaging and micro-arcsecond astrometry).

Sebelum penemuan terbaru soal planet alien itu, johny dan timnya menemukan sekitar 10 planet baru, meski tak semua dipublikasikan. Pada 2008, misalnya, ia dan timnya menemuka planet yang diberi nama tw hya b. Planet tersebut mengelilingi bintang tw hydrae itu berada di konstelasi hydra yang berjarak 180 tahun cahaya dari bumi.

Penemuan ini membuat kaget dunia astronomi. Sebab, dalam kurun waktu 12 tahun terakhir, tak satu pun planet yang muncul dari bintang muda.

Pada 2005 tim peneliti yang sama juga berhasil menemukan planet ekstrasolar lain yang diberi nama hd 11977 b yang juga memberikan informasi tentang evolusi dari sistem tata surya lain berkaitan dengan eksistensi planet jika bintang induk kehabisan sumber energi.

Sebagai asli indonesia, johny menguasai bahasa ibu, bahasa indonesia. Dan pergaulannya di eropa membuat ia lancar berbahasa jerman, inggris, spanyol, dan prancis.

Selain bekerja di mpia, johny aktif memberikan ceramah soal astronomi, baik di jerman maupun indonesia.

Menurutnya, kegiatan sosial dan publik dalam komunitas ilmiah, dan hubungan antara akademisi, sains maupun non-sains sangat penting artinya untuk mentransfer ilmu pengetahuan dalam arah horisontal dan vertikal.

Selain kesibukan sebagai ilmuwan, johny juga punya hobi memasak. Dia bisa memasak hampir semua jenis masakan tradisional indonesia, yang kerap disajikan untuk kawan-kawannya sesama astronot.
Quote:
Spoiler for orangnya:
Quote:

Cara menghadapi Customer dengan Cerdas

Ini adalah kendala dan kesulitan dalam menghadapi cunstomer khususnya di bidang marketing web designer .



Keluhan klasik para web desainer adalah kesal karena tiba – tiba klien memintanya untuk mengganti desain web karena kurang sesuai. Hal ini acap kali terjadi apabila kita menghadapi tipikal klien yang susah untuk bekerja sama. Padahal untuk situs pesanan klien tersebut telah dikerjakan cukup lama dan melelahkan.

Tentu saja hal ini tidak boleh ditanggapi dengan sikap negatif, bagaimanapun juga klienlah yang memberikan pekerjaan bagi web desainer. Mungkin memang rasanya kesal setengah mati. Bagaimana tidak, website dari klien tersebut telah kita anggap sempurna baik dari sisi kesesuaian content maupun dukungan desain layout. Untuk menghasilkan kedua hal tersebut tidaklah mudah, kita umumnya butuh waktu beberapa hari untuk menterjemahkan keinginan klien untuk kemudian mengimplementasikannya dalam desain.
Namun bagaimanapun keluhan klasik tersebut sebisa mungkin kita hindari.

Tanyakan dan Pahami Keinginan Klien
Ada baiknya sebelum mulai membuat desain situs web kita menanyakan gambaran kasar yang diinginkan klien. Anda bisa memulainya dari melihat desain logo, warna dasar perusahaan (ada di brosur, katalog, sampai desain ruangan kantor), kemudian tanyakan konsep desain apakah yang klien Anda inginkan, simpel, techie, eksklusif atau konsep lain barangkali.

Anda beruntung jika ternyata klien memiliki referensi situs. Ini akan memudahkan proses penerjemahan keinginan klien. Dari referensi situs tersebut bisa ditanyakan hal apa yang membuat klien Anda menyukainya, tentu saja dalam konteks desain.

Catatlah semua hasil diskusi dengan klien agar Anda tidak lupa. Lebih baik lagi jika Anda telah membuat formulir standar yang isiannya dapat memudahkan Anda dalam membuat desain website bagi klien.

Bagaimanapun Pelanggan adalah Raja
Pepatah ini sangat populer dan filosofinya telah menghantarkan ribuan perusahaan ke puncak sukses karena mampu melayani dan memahami klien dengan baik. Namun perlu diingat bahwa Raja pun butuh seorang penasihat. Berikan advise kepada klien apabila menurut Anda pilihan desain tidak sesuai dengan konsep, atau mungkin pemilihan warna menyebabkan desain tidak senada dengan content. Posisikan diri sebagai penasihat terbaik sehingga perlahan akan tercipta kedekatan emosional. Ini membuat klien lebih mudah dikendalikan.

Ajukan Beberapa Alternatif

Jika Anda sudah dapat memahami benar keinginan klien, buatlah beberapa desain alternatif yang sesuai dengan keinginan klien. Masukkan ide – ide baru di dalamnya secara terpisah sehingga klien tidak terpaku pada preferensinya. Presentasikan dengan baik tentang desain – desain Anda tersebut. Ini membantu klien memahami dan mendapatkan gambaran yang lebih tepat mengenai website yang akan dibuat.

Tetap Dingin menghadapi Perubahan
Tanyakan dan yakinkan apakah website Anda sudah benar – benar sesuai dengan keinginan klien. Hadapilah permintaan perubahan dengan bijak. Arahkan agar perubahan yang diinginkan Anda tidak mengacaukan konsep desain yang telah dibuat. Adaptasikan keinginan klien Anda ke dalam desain Anda dengan baik sehingga perubahan tersebut dapat menambah nilai dari website yang dibuat.

Tepat Waktu
Hal ini menjadi cerminan profesionalitas Anda. Jangan pernah berpikir bahwa klien membutuhkan Anda, namun Anda lah yang membutuhkan klien. Namun perlu diingat bahwa klien juga harus kita jaga ketepatan waktunya. Kemunduran waktu akibat keterlambatan penyerahan content seringkali membuat kita kesal. Kelola waktu yang ada di dalam proyek dengan cermat.

Berikan Garansi
Kelonggaran Anda dalam memberikan batasan waktu tertentu agar klien dapat mengadakan perubahan minor setelah website di publish akan sangat dihargai. Namun tentu saja jangka waktu tersebut harus di batasi dengan tepat.

Percayalah bahwa konsep marketing without marketing cukup ampuh. Jika klien puas dengan pekerjaan Anda kali ini, dia akan mereferensikan Anda kepada orang yang lain. Dengan demikian klien dapat memberikan kontribusi market karena profesionalitas Anda sudah tidak diragukan lagi.

Nasihat orang terkaya ke 2 di dunia(Warren Buffet)

Warren Buffet memberi nasehat untuk anak-anak muda: "Jauhkan dirimu dari pinjaman bank atau kartu kredit dan berivestasilah dengan apa yang kau miliki serta ingat :

A. Uang tidak menciptakan manusia, manusialah yang menciptakan uang.

B. Hiduplah sederhana sebagaimana dirimu sendiri.

C. Jangan melakukan apapun yang dikatakan orang, dengarkan mereka, tapi lakukan apa yang baik saja.

D. Jangan memakai merk, pakailah yang benar-benar nyaman untukmu.

E. Jangan habiskan uang untuk
hal-hal yang tidak benar-benar penting.

F. Jika itu telah berhasil dalam hidupmu, berbagilah dan ajarkanlah pada orang lain.*

"Orang Yang Berbahagia Bukanlah Orang Yang Hebat Dalam Segala Hal, Tapi Orang Yang Bisa Menemukan Hal Sederhana Dalam Hidupnya dan Mengucap Syukur.”

10 MACAM PENAMPILAN ANDA RUSAK KARENA MEROKOK




Quote:
Jika Anda merokok, Anda sudah tahu Anda harus berhenti. Ini buruk bagi jantung Anda, paru-paru, otak, dan bahkan kehidupan seks Anda.

Tapi anda sudah berhenti dari kemaren jika efek buruk merokok itu sedikit lebih jelas. Bagaimana jika setiap rokok menciptakan tapuk hitam di wajah Anda, misalnya?

Nah, merokok merusak penampilan Anda. Baca terus untuk menemukan 10 macam merokok akan merusak penampilan Anda.

Quote:
Kantong bawah mata Anda

Jangan anda benci kalau Anda tidak bisa mendapatkan tidur malam yang baik-dan itu terlihat di wajah Anda?
Menurut penelitian John Hopkins perokok 4 kali lebih besar kemungkinan tidak bisa istirahat dibandingkan yang tidak merokok.

Quote:
Quote:
Kulit bersisik

Kulit bersisik bisa menimpa siapa saja termasuk yang tidak merokok. Tetapi resiko kulit bersisik akan naik banyak bagi perokok.

Menurut sebuah studi tahun 2007, jika Anda mengisap satu bungkus roko sehari selama 10 tahun atau kurang, risiko kulit bersisik meningkat 20%, 11-20 tahun risiko Anda adalah 60% lebih tinggi, dan bagi mereka yang meroko lebih dari 20 tahun resiko meningkat 50 %,(Bahkan bekas merokok selama kehamilan atau masa kanak-kanak dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi.)


Quote:
Quote:
Gigi kuning

Apakah anda tida suka gigi yang putih? Kalau anda merokok silahkan ucapkan selamat tinggal buat gigi putih.

Quote:
Quote:
Penuaan dini dan keriput

Para ahli sepakat bahwa merokok mempercepat penuaan, sehingga perokok terlihat 1,4 tahun lebih tua daripada bukan perokok, rata-rata.

Mengapa wajah keriput? Merokok menghambat pasokan darah yang membuat jaringan kulit terlihat kenyal dan sehat.


Quote:
Quote:
Jari Kuning

Nikotin dalam asap rokok tidak hanya dapat membuat gigi Anda (dan dinding rumah Anda) cokelat, tetapi juga membuat jari dan kuku anda kuning.


Quote:
Quote:
Rambut tipis

Selain kulit keriput merokok juga merusak rambut Anda juga. Menurut para ahli bahan kimia beracun dalam asap dapat merusak DNA pada folikel rambut dan menghasilkan radikal bebas yang merusak sel juga.

Perokok memiliki rambut tipis yang cenderung abu-abu dan lebih cepat botak dari yang bukan perokok.

Menurut penelitian di Taiwan tahun 2007 pria perokok dua kali lebih cepat botak dari non perokok, disamping faktor genetika.


Quote:

Quote:
Bekas luka

Nikotin menyebabkan vasokonstriksi, penyempitan pembuluh darah yang dapat membatasi aliran darah kaya oksigen ke pembuluh darah di wajah atau bagian lain dari tubuh.

Ini berarti luka Anda akan memakan waktu lebih lama untuk disembuhkan dan Anda akan memiliki bekas luka yang lebih besar dan lebih merah dari pada anda yang tidak merokok.


Quote:
Quote:
Gigi rusak


Merokok menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar untuk semua jenis masalah gigi, termasuk kanker mulut dan penyakit gusi.

Bahkan, menurut sebuah penelitian di Inggris 2005 dalam Journal of Clinical Periodontology, perokok beresiko sampai enam kali lebih besar dibanding bukan perokok untuk penyakit gusi, yang dapat mengakibatkan hilangnya gigi.


Quote:
Quote:
Hilangnya Aura Alami

Pernah perhatikan bagaimana kulit perokok 'kadang-kadang tampaknya mati? Sebuah studi 1985 datang dengan istilah Smoker's Face untuk menggambarkan karakteristik wajah tertentu, seperti keriput, dan penampilan kulit abu-abu, yang disebabkan oleh merokok.

Asap rokok mengandung karbon monoksida, yang menggantikan oksigen di kulit Anda, dan nikotin, yang mengurangi aliran darah, meninggalkan kulit kering dan berubah warna. Merokok juga menghabiskan banyak nutrisi, termasuk vitamin C, yang membantu melindungi dan memperbaiki kerusakan kulit.


Quote:
Quote:
Penyembuhan luka lama

Para ahli menemukan bahwa perokok membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh pasca operasi seperti face-lift, ekstraksi gigi, dan prosedur periodontal.

Quote:

13 Tips Untuk Awet Muda

10 tips untuk awet muda dibawah ini dan mulailah memutarbalikkan waktu.

1. Lenyapkan mitos menjadi tua berarti anda menjadi tak berguna

Ilmuwan berpendapat bahwa semakin anda mempercayai persepsi bahwa dengan semakin bertambahnya usia anda maka ketajaman anda semakin berkurang, maka hal itu akan benar-benar terjadi pada anda. Psikolog Becca Levy, Ph.D. dari Universitas Yale menyelidiki pengaruh psikologis pada pertambahan usia, khususnya pada bagaimana persepsi seseorang mempengaruhi kesehatan fisik dan mentalnya.

Meskipun melalui penelitiannya ia menemukan bahwa orang berusia lanjut yang memiliki pendapat negatif mengenai penuaan memiliki hasil tes yang lebih buruk dibandingkan dengan orang berusia lanjut yang memiliki pendapat positif seiring dengan bertambahnya usia. Sebagai contoh mereka berpendapat bahwa dengan bertambahnya usia maka mereka pun bertambah bijak. Levy juga menunjukkan bahwa dalam kebudayaan yang memiliki pandangan yang lebih positif terhadap penuaan dibandingkan dengan kebudayaan di Amerika Serikat atau di negara-negara barat lainnya, orang berusia lanjut mendapat nilai yang lebih baik dalam tes memori.

Sebagai tambahan, penelitiannya menunjukkan bahwa orang berusia lanjut dengan persepsi positif terhadap penuaan hidup 7,5 tahun lebih lama dibandingkan dengan orang yang memiliki persepsi negatif. Bahkan gangguan pendengaran juga dapat diprediksi berdasarkan persepsi orang tersebut.

2. Bersihkan gigi anda secara rutin

Penelitian menunjukkan hubungan antara penyakit periodontitis dan cardiovascular. Pertimbangkan hal ini: sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria di bawah usia 50 tahun yang memiliki penyakit periodontal memiliki peluang 2,6 kali lebih besar untuk meninggal di usia muda dan peluang 3 kali lebih besar untuk meninggal karena penyakit jantung dibandingkan dengan pria dengan gigi sehat dan suka mengunyah permen karet. Penyebab utama periodontitis adalah kebersihan gigi yang buruk, dan dengan menyikat gigi setiap hari, menggunakan benang gigi, serta memeriksakan gigi anda ke dokter gigi secara rutin dapat mengurangi kemungkinan anda terkena penyakit ini.

Sebagai tambahan, membersihkan gigi dengan benang gigi dan penyumbatan pembuluh darah memiliki hubungan. Penelitian menunjukkan bahwa bacteria yang ditemukan pada plak gigi merupakan bakteri yang sama dengan yang ditemukan di timbunan lemak yang menyumbat pembuluh darah. Peneliti berspekulasi bahwa bakteri yang berasal dari mulut dapat memasuki pembuluh darah dan menyebabkan iritas dan penyumbatan pembuluh darah.

3. Pertahankan sikap positif

Sejak tahun 1986, peneliti yang berasal dari Universitas Kentucky bernama David Snowdon meneliti 678 biarawati untuk menemukan rahasia otak, khusunya apa yang terjadi pada otak seiring dengan bertambahnya usia. Hasil penelitiannya yang dikenal dengan Penelitian Biarawati, berhasil menemukan cara-cara untuk hidup dengan kehidupan mental yang aktif seiring dengan pertambahan usia. Salah satu penemuannya adalah kondisi emosi positif pada usia dini akan membantu menghilangkan rasa cemas dan dapat memperpanjang usia. Faktanya, terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan hubungan antara sikap seseorang dengan kesehatan fisik dan mentalnya.

4. Berolahraga

James M. Rippe, M.D merupakan seorang penulis ternama, cardiolog terkemuka, dan pendiri Rippe Lifestyle Institute. Ia menjelaskan bahwa jika anda melihat seluruh hal-hal berisiko tinggi yang menyebabkan kematian, satu hal yang paling mudah diprediksi adalah kesehatan anda. Sebagai tambahan, seorang berusia lanjut yang memiliki kesehatan jantung yang baik jauh lebih sehat dibandingkan dengan seseorang yang berusia muda namun tidak aktif secara fisik. Dengan meningkatkan aktivitas fisik anda, anda bisa memutar kembali jam biologis anda.

5. Me-manage stress

Penelitian menunjukkan bahwa antara 60 hingga 90% kunjungan ke psikiatris berhubungan dengan stress. Stress berhubungan dengan segala hal mulai dari flu hingga kanker. Gangguan jantung, hipertensi, darah tinggi, depresi, penyakit kronis, gangguan seksual dan kesuburan, serta diabetes semua disebabkan oleh stress. Untuk meningkatkan peluang anda untuk hidup lebih lama anda harus mengurangi kemungkinan anda untuk sakit, dan itu berarti anda harus mengurangi tingkat stress anda.

6. Meditasi

Deepak Chopra, M.D., ahli dalam menemukan hubungan antara pikiran dan tubuh, dalam salah satu bukunya menyatakan bahwa penelitian orang-orang yang melakukan meditasi dapat memiliki usia biologis 5 hingga 12 tahun lebih muda dibandingkan denga usia kronologis mereka. Orang –orang yang melakukan meditasi memiliki tingkat hormon stress seperti cortisol dan adrenalin yang lebih rendah, dan mekanisme adaptasi mereka cenderung lebih kuat dibandingkan orang rata-rata.

7. Pertahankan kesehatan kulit anda

Tips ini tidak akan membantu anda untuk hidup lebih lama, namun selama anda berusaha untuk memperpanjang usia hidup anda, tidak ada salahnya jika anda berusaha untuk tampil sebaik mungkin. Amy Wechsler, ahli gigi, psikiater, dan penulis The Mind-Beauty Connection: 9 Days to Reverse Stress Aging and Reveal More Youthful, Beautiful Skin , menjelaskan bahwa retinoids dapat mengurangi keriput anda. Beberapa krim kecantikan mengandung retinoids, namun retinoids juga dapat ditemukan pada makanan, seperti wortel. Memakan wortel dapat membantu anda menjaga kesimbangan pH permukaan kulit anda, sedikit meningkatkan keasman kulit anda. Dan keasaman kulit anda akan membantu anda untuk menyingkirkan bakteri yang hinggap. Sebagai informasi tambahan, coklat dapat membantu anda memperbaiki tekstur, ketebalan, kadar air, dan aliran darah pada kulit anda.

8. Makan makanan yang banyak mengandung anti oksidan

Dr. Mehmet C. Oz, M.D., salah satu penulis buku Staying Young: The Owner’s Manual for Extending Your Warranty menunjukkan bahwa antioksidan merupakan makanan anti penuaan, dan salah satu makanan sumber antioksidan yang paling ia sukai adalah blueberry. Ia berkata bahwa, “Semua makanan berwarna gelap memiliki semacam zat antisoksidan yang dapat melindungi anda.” Makanan anti penuaan lain diantaranya brokoli, tomat, dan acai, buah kecil yang berasal dari hutan di Amerika Selatan yang sering ditemukan pada minuman jus di Amerika Serikat. Ia menyarankan anda makan 5 macam makanan yang mengandung antioksidan setiap harinya.

9. Makanlah banyak serat

Dr. Oz juga menjelaskan bahwa salah satu kunci untuk awet muda adalah menjaga kesehatan pencernaan anda. Dan untuk menjaganya anda memerlukan 25 gram serat setiap harinya. Serat bekerja dengan menjaga semua nutrisi yang anda makan dalam tubuh dan melepaskan nutrisi tersebut jika dibutuhkan. Serat dapat ditemukan dalam buah-buahan, sayuran dan makanan yang gandum. Cobalah tips berikut:
• Pilih makanan yang mengandung gandum sebagai sarapan atau kudapan.
• Cobalah nasi merah atau pasta yang terbuat dari gandum.
• Makanlah oatmeal untuk sarapan anda.

10. Cukup tidur

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Medis Chicago menemukan bahwa mempersingkat durasi tidur anda dari 8 jam menjadi 4 jam akan mempengaruhi kadar glukosa dan funsi endokrin anda kurang dari 1 minggu. Perubahan ini akan nampak seperti tahap awal jika anda terkena diabetes. Para peneliti juga menyimpulkan bahwa kekurangan tidur bukan hanya menyebabkan anda memiliki awal yang kurang prima setiap harinya, namun anda juga akan menjadi rawan terhadap beberapa penyaklit seperti diabetes, hipertensi, obesitas dan hilang ingatan.

11. Asahlah terus otak anda

Sejumlah data yang berhasil diungkap selama dua puluh tahun terakhir memastikan bahwa otak terus berkembang, mengembangkan neuron-neuron baru dan jaringan diantara neuron tersebut sepanjang hidup. Sebagai informasi tambahan, penyakit otak yang sering dihubungkan dengan pertambahan usia dapat dihilangkan dengan terus menstimulasi otak. Dr. Yakov Stern, Kepala Divisi Cognitive Neuroscience di Sergievsky Center, Universitas Columbia menyatakan bahwa “Individu yang terus menerus menstimulasi kehidupannya melalui pendidikan, pekerjaan, dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan hobi, akan mengurangi kecenderungan terkena Alzheimer. Penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan terkena Alzheimer berkurang sebesar 35 hingga 40%.”

12. Berhenti merokok

Dr. Rippe, yang telah anda sebutkan sebelumnya, juga menyatakan bahwa jika anda berusia 50 dan anda merokok, maka anda memotong 7 tahun usia anda. Sehubungan dengan penuaan, merokok membuat kulit anda menjadi keriput dan membuat anda terlihat lebih tua.

13. Minumlah anggur, secara teratur

Pernahkah anda mendengar bahwa wine merah secara teratur baik bagi kesehatan anda? Dr. Oz menjelaskan bahwa wine merah bermanfaat bagi kesehatan anda karena 2 faktor: alcohol dan resveratrol, yang mengandung kadar antioksidan tinggi yang berasal dari kulit anggur. Pembuat anggur menambahkan kembali kulit anggur supaya wine berwarna merah, namun mereka tidak menambahkan kulit anggur pada wine putih – sehingga wine putih tidak mengandung resveratrol. “Resveratrol menambahkan satu manfaat lebih,” kata Dr. Oz. “Resveratrol mengaktifkan sel dalam tubuh anda yang mencegah penuaan sel-sel anda… 80% dari manfaat meminum wine berasal dari alcohol, sementara 20% sisanya adalah resveratrol,” kata Dr. Oz. Kombinasi keduanyalah yang membuat wine merah sangat bermanfaat.” Ia menambahkan bahwa setiap orang sebaiknya meminum segelas wine merah setiap hari, meskipun beberapa pria hanya bisa meminum wine dalam takaran yang lebih besar karena pria dapat mencerna wine lebih baik dibandingkan wanita.