Wednesday, June 8, 2011

Kesulitan Membuat Pribadi yg Lebih Baik?

4 Cara "Kesulitan" Membuat Anda Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

Quote:
1. Kesulitan dapat membuat kita lebih cerdas.


Sudah menjadi pengetahuan umum di
zaman sekarang bahwa setiap pengalaman hidup yang tidak biasa – seperti
mengambil rute yang berbeda untuk bekerja di pagi hari – akan menantang otak,
membantu untuk tetap sehat, aktif dan gesit (seperti halnya berolahraga akan
menyehatkan tubuh). Ketika kita sedang mengalami kesulitan, kita dihadapkan
dengan segala macam teka-teki untuk diselesaikan – pertanyaan-pertanyaan seperti
bagaimana menemukan cara-cara kreatif untuk menabung uang, misalnya. Segala
masalah yang kita harus pecahkan adalah olah raga yang bagus buat otak kita. Dan
menurut para peneliti; bahkan depresi pun dapat meningkatkan kemampuan mental
kita.
Quote:
2. Kesulitan dapat membuat kita lebih berempati.

Orang-orang yang telah melalui
kesulitan apa pun – apakah itu tiba-tiba kehilangan pekerjaan atau orang yang
dicintai – lebih memiliki belas kasih kepada orang-orang yang sedang mengalami
keadaan yang serupa. Dan kemampuan untuk berempati sangat berguna dalam berbagai
situasi. Mampu menempatkan diri pada posisi orang lain membuat kita menjadi
atasan atau rekan kerja yang lebih baik, pasangan atau kekasih yang lebih baik,
dan teman yang lebih baik. Hal ini membantu kita untuk merasakan hubungan yang
lebih dalam dan lebih memuaskan dengan segala macam orang.
Quote:
3. Kesulitan dapat membuat kita lebih kuat.

Ketika kita telah berhasil melalui
suatu keadaan yang sangat sulit – seperti melewati sebuah ujian yang sangat
sulit dengan menghabiskan banyak waktu untuk belajar atau melalui periode penuh
tekanan di tempat kerja, dan lain-lain – kita cenderung akan mendapatkan rasa
percaya diri. Dalam melalui segala kesulitan itu, kita tidak hanya belajar untuk
bertahan hidup, kita pun memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap diri kita
dan batas-batas kemampuan kita.
Quote:
4. Kesulitan bisa mempertajam emosi kita.

Setiap kali saya mengalami kesulitan, saya menemukan banyak hal yang indah di dunia ini, seperti matahari terbit dan terbenam, suara azan, teriakan bahagia anak-anak di taman bermain, aroma jeruk, segala jenis musik, dan kicauan burung di luar jendela saya. Hal yang
biasa-biasa saja secara paradoks mengisi saya dengan berbagai harapan, bahkan di tengah keputusasaan; dunia yang penuh dengan keagungan seperti ini adalah dunia yang layak kita tempati, bukan? Dengan mengalami emosi mendalam tersebut di masa-masa sulit akan membantu untuk membuat hidup kita lebih kaya dalam berbagai macam caranya. Hal ini tidak hanya memperdalam dampak yang kita rasakan ketika kita membaca buku yang bagus atau melihat film yang baik, misalnya, tetapi juga membuat perasaan kita terhadap pasangan, orangtua, teman, menjadi jauh lebih kaya. Dengan kata lain, hal ini membantu kita untuk menemukan makna dalam hidup kita.
 
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8981780

Sikap Bersahabat adalah Harta Tak Ternila

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli menunjukkan bahwa sukses seseorang sangat dipengaruhi oleh kemampuan berhubungan dengan orang lain




Sikap bersahabat adalah hal penting untuk berhubungan dengan orang lain. Kalau Sobat mau meningkatkan kualitas hubunganmu dengan orang lain, milikilah sikap yang bersahabat.
Quote:
1. Bersikaplah terbuka.

Ketika Sobat bersikap terbuka, orang lain akan terdorong untuk bersikap terbuka juga. Kalau sudah ada keterbukaan, pembicaraan bisa jadi lancar, hubungan bisa lebih intim, dan konflik bisa diselesaikan dengan lebih mudah. Sebaliknya, sikap tertutup membuat orang segan berhubungan dengan Sobat karena sikap tertutup berkesan kaku dan tidak menyenangkan, dan membosankan.


Quote:

2. Bersikaplah Jujur.
Kejujuran mencerminkan kehormatan diri. Orang yang jujur menghormati dirinya dan sangat layak dihormati oleh orang lain. Beranilah mengatakan kebenaran, bersikaplah tulus, dan jangan suka bersembunyi di balik rasa aman semu dengan cara berbohong.

Quote:
3. Kembangkanlah integritas diri.
Kalau 'jujur' bearti mengatakan kebenaran apa adanya, maka 'integritas' secara sederhana berarti melakukan apa yang telah dikatakan. Sobat dinilai bukan dari kata-kata yang kamu ucapkan, tapi dari keserasian antara perkataan dan perbuatan. Orang yang cuma bisa omong besar saja biasanya tidak bisa dipercaya


Quote:


4. Jadilah pembicara yang komunikatif.
Pelajarilah seni berkomunikasi yang baik, supaya Sobat tidak sekedar pandai bicara, tapi menjadi pembicara yang menyenangkan. Berusahalah menciptakan suasana pembicaraan dua arah yang hidup. Tidak ada yang monopoli pembicaraan, dan tidak ada yang merasa dikurangi hak bicaranya. Tidak ada yang merasa lebih hebat, dan tidak ada yang merasa minder.


Quote:
5. Pedulilah pada orang lain,
maka Sobat akan dipedulikan juga oleh orang lain. Itulah hukum alam yang berlaku di seluruh dunia. Perhatikan orang-orang di sekitar Sobat, membaurlah, berbagilah, bersikaplah ramah, ulurkan tangan bila diperlukan, dsb.


Quote:
6. Berjiwa besarlah.

Belajarlah untuk memaafkan keslahan orang lain, untuk mengakui kelemahan dan untuk menerima kegagalan. Jangan membiasakan diri membesar-besarkan masalah kecil, jangan merusak hubungan dengan kesalahpahaman, jangan terjebak dalam pembicaraan negatif yang melemahkan semangat dan merendahkan orang lain.


Quote:
7. Puaskanlah harga diri orang lain dengan selalu menghargainya.

Ingatlah selalu bahwa harga diri adalah harta paling berharga yang dimilikinya. Lihatlah sisi-sisi positif yang dimilikinya agar kamu tidak terganggu oleh kelemahan-kelemahannya. Hindarilah kebiasaan membantah, mengkritik, apalagi menghina dan mengecam. Kalau kamu tidak setuju, katakanlah dengan cara bijak.
Quote:
8. Terimalah orang lain sebagaimana adanya.

Hindarilah kebiasaan menilai dan membeda-bedakan orang lain. Penerimaan tanpa syarat akan membuat orang merasa nyaman dan tentram di dekat Sobat, dan merasa bebas untuk mengungkapkan dirinya. Memang tidak mudah menerima orang yang penuh kelemahan dan kekurangan. Namun itulah kebiasaan baru yang perlu dilakukan terus-menerus untuk mengembangkan sikap bersahabat.
Quote:
9. Berilah orang lain kesempatan

untuk mengekspresikan sikap bersahabatnya pada Sobat. Sekali-kali ijinkan dia mendengarkan keluhan Sobat, memberikan saran, menolong, dsb. Tidak ada salahnya Sobat meminta bantuan ketiak Sobat memerlukannya. Jangan merasa gengsi untuk menerima pemberian orang lain. Dengan demikian terjadi keseimbangan dalam hubunganmu.


Quote:
10. Berusaha menjadi pribadi yang bersahabat,

ingatlah bahwa Sobat tidak bisa memuaskan semua orang. Ada saja orang-orang yang tidak mau berhubungan lebih dekat dengan Sobat, ada yang besikap tertutup, bahkan ada yang bersikap bermusuhan. Tidak perlu merendahkan martabat Sobat dengan menjilat atau mengemis simpatik orang. Jangan berkecil hati, karena dalam hidup selalu ada pro dan kontra. Yang penting, Sobat menjadi diri Sobat sendiri dan terus belajar menjadi pribadi yang bersahabat.


http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9007772