Serba-serbi lpdp

Hai pembaca semua! Mudah-mudahan pembaca dalam keadaan perut lapar sehingga gak ngantuk waktu baca pos saya, hehe…

Baiklah, walaupun mata saya menuntut untuk diberikan haknya mengingat selama Program Keberangkatan keduanya hanya tertutup untuk 2-3 jam saja, demi memajukan kesejahteraan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia (kayak pembacaan UUD aja ya?), saya paksakan juga jari-jari saya menari.

Di postingan kali ini saya ingin memberikan pencerahan mengenai lembaga pemberi beasiswa yang paling bagus di Indonesia yaitu beasiswa lpdp. Hal ini saya lakukan untuk menanggapi pertanyaan-pertanyaan teman-teman pemburu beasiswa yang mungkin belum terjawab. Lebih penting lagi saya berharap mudah-mudahan tulisan saya ini mementahkan rumor-rumor tidak jelas yang berhubungan dengan beasiswa lpdp.

Informasi yang akan pembaca santap berikut merupakan intisari dari pengarahan yang diberikan oleh Direktur Pendanaan Kegiatan Pendidikan LPDP, bapak Abdul Kahar.

Beasiswa lpdp itu Mudah!

Benar, beasiswa ini benar-benar mudah. Berbeda dengan beberapa beasiswa yang ada di Indonesia, beasiswa lpdp menawarkan konsep tanpa kuota. Artinya, jika ada 2000 pelamar dan semuanya memenuhi syarat dan standar lpdp, semuanya akan diberikan beasiswa. Enak kan?

lpdp Mengharapkan Banyak Pendaftar

Sampai saat ini baru ada sekitar 70 an alumni lpdp yang semuanya berasal dari program master. Para pendaftar pun masih didominasi oleh mereka yang berasal dari pulau jawa (93%) padahal lpdp sangat ingin menghabiskan uangnya untuk kemajuan seluruh rakyat Indonesia. 

lpdp = Kaya

Mengapa saya berani berkata kalau lpdp kaya? Dana yang dimiliki lpdp sekarang lebih dari 18 triliun rupiah. Uang besar ini merupakan dana abadi dan diinvestasikan ke berbagai sektor bisnis. Hasil yang didapat dari investasi itu per tahunnya adalah 1.4 triliun rupiah! Nah, lpdp pertahunnya rata-rata baru membelanjakan sekitar 600 miliar saja. Artinya mereka sangat membutuhkan lebih banyak lagi awardee agar uang lpdp yang melimpah ini terhabiskan.

Kiriman Dijamin Lancar

Harus saya katakana bahwa lpdp sangat professional. Jadi jangan takut jika ada yang cerita bahwa mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri seringkali pasokan uangnya terlambat. lpdp menjamin itu tidak akan terjadi karena uang yang dimiliki lembaga ini sudah ada.


Boleh Pindah Kampus

 Jika kamu sewaktu mendaftar lpdp menuliskan kampus A di formulir namun kemudian setelah mencoba masuk kampus A kamu ditolak atau ada alasan lain, jangan khawatir. Kamu tinggal mengurus surat pindah saja ke kampus yang masuk dalam list lpdp disertai dengan LOA. Bagaimana kalau kampus tujuan pindahmu tidak ada di list? Kamu tinggal mencari surat dari asosiasi atau orang-orang besar Indonesia lulusan kampus tujuanmu itu. Simple kan?

S2, S3, S…
 

Lpdp tidak main-main dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Hal ini dibuktikan oleh diperbolehkannya penerima beasiswa master lpdp untuk langsung melenggang ke program S3 tanpa perlu ikut seleksi lpdp lagi! Syaratnya hanya sudah mendapat LOA dari kampus tujuan.



Boleh Bawa Keluarga
 

Lpdp memperbolehkan membawa anggota keluarga maksimal 2 orang (istri + 1 anak) pada semester ke dua masa studi. Mereka berdua akan mendapatkan living allowance perbulannya sebesar 25% dari uang saku bulanan awardee.



Coba Beasiswa Afirmasi

 Bagi kamu yang tinggal di daerah terpencil atau di daerah perbatasan, sekarang kuliah di luar negeri bukan lagi sekedar mimpi. Lpdp memberikan beasiswa yang bernama Beasiswa Afirmasi. Yang spesial dari beasiswa yang satu ini adalah Beasiswa Afirmasi diperuntukkan khusus bagi teman-teman yang tinggal di daerah terpencil yang biasanya memiliki kekurangan bahasa. Sebagai bentuk perhatian dari lpdp, pelamar Beasiswa Afirmasi tidak akan bersaing dengan para pelamar dari kota atau daerah yang sudah tergolong maju. Tidak sampai disitu saja. Beasiswa Afirmasi merupakan satu-satunya beasiswa dari lpdp yang menyediakan kursus persiapan bahasa sampai satu tahun dan memberikan bantuan teknis hingga sang penerima beasiswa diterima di kampus luar negeri. Perlakuan spesial ini tidak didapatkan di beasiswa lpdp lainnya seperti Beasiswa Pendidikan dan beasiswa yang paling prestisius, Beasiswa Presiden.


Mau Uang $5000?

Mudah. Jika kamu berhasil menembus kampus yang peringkatnya 20 besar dunia, maka uang $5000 akan menjadi milik kamu. Baik lpdp kan?

Sekian dulu ya!
 






 
 

Comments