Jambi Diuntungkan Oleh Hilangnya Pesawat MH370


Malaysia jadi sorotan dalam beberapa pekan ini. Pemicunya tak lain adalah menghilangnya pesawat Malaysia Airline dengan nomor penerbangan MH370 tujuan Beijing Capital International Airport, Republik Rakyat Cina. Berbagai teori pun bermunculan dalam menyikapi raibnya burung besi ini. Ada yang mengatakan pesawat naas ini dibajak. Ada juga yang berpendapat bahwa pesawat ini adalah media bunuh diri sang pilot, kapten Zaharie Ahmad Shah. Bahkan ada yang mengatakan kalau pesawat ini mendarat di sebuah tempat yang tidak diketahui.

Meskipun ketiga teori diatas belum terbukti namun ada satu hal yang pasti, pesawat itu tidak akan kembali. Pada hari Selasa tanggal 25 Maret lalu perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, secara resmi mengumumkan bahwa pesawat yang pencariannya melibatkan sedikitnya 26 negara ini telah terjun ke Samudera Hindia. Sebuah pernyataan yang cukup membuat hati keluarga yang menunggu putus harapan. Masyarakat China sangat terpukul mengingat mayoritas penumpang di dalam pesawat adalah warga negara negeri tirai bambu. Puncak kekesalan mereka adalah banyak warga China tidak mau berwisata ke Malaysia lagi.

Tentu  ini merupakan berita buruk bagi sektor pariwisata Malaysia mengingat Cina merupakan salah satu negara peyumbang pelancong terbesar ke negeri jiran. Luo Juan, seorang analis dari Forward Company mengutarakan pada surat kabar South China Morning Post (SCMP) bahwa Malaysia akan mengalami kerugian hampir 14,6 triliun rupiah akibat enggannya warga China melancong. Bukan itu saja SCMP merilis saat ini terdapat penurunan drastis terhadap jumlah permintaan berwisata ke Malaysia hingga 50 persen.

Malaysia memang tergolong ke dalam salah satu negara favorit wisatawan dunia. Buktinya tanah Melayu ini bertengger di urutan sepuluh sebagai negara yang paling banyak dikunjungi wisatawan pada tahun 2012 dengan total kedatangan turis sekitar 25 juta orang. Rangking ini berdasarkan data yang dirilis oleh United Nations World Tourism Organization (UNWTO), badan PBB yang membidangi pariwisata. Untuk wilayah Asia dan Pasifik posisi Malaysia lebih mentereng lagi. UNWTO menobatkan Malaysia sebagai runner up negara yang paling banyak dikunjungi di tahun 2012, jauh meninggalkan Indonesia di posisi enam. Performa bagus sektor pariwisata Malaysia berlanjut di tahun berikutnya. Tourism Malaysia melaporkan bahwa Malaysia berhasil meraup uang 65.44 Miliar Ringgit atau lebih dari 227 triliun rupiah dari hasil kunjungan 25.72 juta wisatawan pada tahun 2013. Fakta ini membuat sektor pariwisata menjadi sumber pendapatan terbesar ketiga Malaysia dari valuta asing.

Pesawat Malaysia Airline MH370 butuh sebuah keajaiban untuk kembali. Namun selalu ada hikmah dibalik setiap musibah bagi orang-orang yang berpikir. Setuju atau tidak, Indonesia berada dibaris terdepan dalam peluang memperoleh ‘hikmah’ dari tragedi ini. Indonesia, dalam hal ini Provinsi Jambi bisa menjadikan momen hilangnya pesawat ini sebagai turning point untuk membangkitkan sektor pariwisata. Pemerintah Provinsi Jambi bisa menawarkan tempat melancong khas Melayu alternatif kepada masyarakat dunia khususnya warga negara China yang sudah terlanjur trauma dan memboikot pariwisata Malaysia. Ada beberapa langkah yang perlu diambil oleh Provinsi Jambi agar momentum ini tidak berlalu begitu saja.

Langkah pertama adalah menyusun strategi marketing yang kreatif. Pariwisata tak ubahnya komoditas yang memerlukan promosi yang berkesinambungan. Sebagus apapun suatu barang tidak akan diketahui oleh masyarakat jika tidak dipromosikan.  Lihat saja Indonesia yang notabene memiliki lebih banyak pesona pariwisata dibandingkan Malaysia. Negeri besar dan beragam yang terbentang dari Sabang sampai Merauke ini harus mengakui kehebatan Malaysia dalam menggaet pelancong.  Jika diselidiki betul penyebab kesuksesan Malaysia salah satunya adalah gencarnya promosi yang mereka lakukan.

Strategi promosi kreatif Malaysia yang patut ditiru oleh Pemerintah Provinsi Jambi adalah mempromosikan pariwisata melalui kontes blog. Saat ini internet sangat berperan penting dalam mempengaruhi keputusan seseorang. Dalam hal pemilihan tempat berwisata contohnya, tidak sedikit orang cenderung lebih mempercayai ulasan para blogger ketimbang iklan-iklan pariwisata dari pemerintah atau agen perjalanan. Hal ini dikarenakan para blogger dipercayai lebih ‘objektif’ ketika menulis tentang suatu objek wisata tanpa diselipi kepentingan pihak-pihak tertentu. Mereka hanya menulis berdasarkan apa yang mereka alami.

Salah satu state di Malaysia, Negeri Selangor sedikitnya telah melakukan dua kali kontes blog masing-masing di tahun 2011 dan 2013. Even yang diberi nama My Selangor Story ini menjaring blogger dari seluruh Malaysia dan Indonesia. Nantinya para finalis diterbangkan ke negeri Selangor untuk mengeksplor pariwisata yang ada disana. Mereka diharuskan menulis setiap pengalaman yang dilalui selama di Selangor untuk diposkan di blog masing-masing. Pemerintah Provinsi Jambi bisa melakukan hal serupa sebagai strategi promosi agar objek wisata di Jambi lebih dikenal oleh masyarakat dunia.

Yang kedua adalah promosi melalui pengadaan even-even internasional.  Even-even ini bisa dalam bentuk pentas seni Melayu atau festival budaya dan pariwisata dengan mengundang peserta dari negara-negara tetangga. Sebagai daerah yang memiliki budaya dan sejarah Melayu yang kental, Jambi bisa menjadikan penurunan animo pariwisata ke Malaysia sebagai langkah awal untuk lebih memperkenalkan budaya dan tradisi Melayu Jambi. Sebagaimana diketahui para ahli banyak percaya bahwa Jambi merupakan pusat kerajaan Melayu masa lalu. Namun sayangnya fakta ini belum begitu diketahui oleh masyarakat luas sehingga gaung Melayu Jambi tidak begitu lantang terdengar.

Terakhir, Provinsi Jambi perlu meningkatkan infrastruktur agar potensi wisata yang ada lebih tertata dan berkelas. Jalan-jalan yang menghubungkan ke tempat wisata harus diperbaiki. Fasilitas dan kebersihan pun perlu dijaga dan dilestarikan. Jangan sampai tempat wisata tidak memilki wc umum yang bersih. Ketiadaan hotel bisa diakali dengan memanfaatkan rumah-rumah masyarakat sebagai tempat homestay. Dorani Homestay di Selangor berhasil menarik minat banyak wisatawan manca negara. Para turis sangat menikmati pengalaman hidup ala orang Melayu lengkap dengan aktifitas khas pedesaan seperti pergi ke sawah, memanen sawit atau menyadap karet. Bukankah Provinsi Jambi memiliki semua itu?

Tragedi hilangnya pesawat Malaysia Airline MH370 tak ayal telah membuka jalan bagi Provinsi Jambi untuk lebih dikenal masyarakat dunia. Semuanya tergantung keseriusan pemerintah dalam memanfaatkan peluang ini.



Muhammad Beni Saputra, S.Hum
Penulis adalah finalis My Selangor Story 2013


Comments