Wednesday, October 23, 2013

5 Hal tentang Sydney



Good day mate!
Apa kabar semua? Mudah-mudahan baik-baik saja ya. Tidak terasa hari ini adalah hari kesembilan saya di kota Sydney. Well, dalam tulisan kali ini saya ingin mengulas tentang beberapa hal menarik yang saya temui disini. Are you ready mate?
Kita mulai dari yang pertama:

1. Ayo lari!

Jika kamu biasa berjalan merayap sambil menikmati angin sepoi-sepoi sebaiknya harus berlari jika sampai disini. Kenapa berlari? Jawabannya adalah karena orang disini berjalannya super cepat. Saya biasanya paling cepat dari teman-teman kalau berjalan di Indonesia. Guess what? Disini kecepatan jalan saya masih kalah dengan speed-nya  cewek.

2. Good day mate!

Di Sydney kamu akan sangat sering mendengar ‘good day mate’ baik itu dijalan atau di kantor. Orang-orang disini sepertinya sudah tersistem secara otomatis untuk saling menyapa. Bahkan tidak jarang orang yang kita temui di jalan menyapa dengan ‘good day mate! How are you doing?’ Saking ramahnya orang disini, mereka tidak akan segan membantu jika kita dalam kesulitan misalnya tidak tau jalan ke suatu tempat. Kadang mereka rela mengantar kita sampai ke tempat yang ingin kita tuju.

3. Take your rubbish with you

Sampah tidak disukai dimana-mana baik itu di Indonesia maupun di Australia. Tapi tidak semua orang yang menyadari bahwa membuang sampah sembarangan itu merupakan tindakan yang tidak terpuji. Masyarakat Sydney sepertinya sangat peduli dengan kebersihan lingkungan. Mereka selalu membuang sampah di tempat yang telah disediakan. Di tempat-tempat umum seperti bus atau kereta tertulis bahwa penumpang harus membawa sampah mereka masing-masing. Bayangkan jika di Indonesia masing-masing orang bertanggung jawab atas sampahnya sendiri tentu negara kita akan bersih mengkilap.

4. Let’s ride a bike!
 
Disini sangat jarang orang punya sepeda motor. Kalaupun ada hanya orang-orang berduit saja yang mampu membelinya. Sepeda motor yang dijual disini harganya mahal-mahal karena motor yang ber-cc tinggi saja yang boleh dijual. Sebagai gantinya orang-orang disini menggunakan sepeda jika hendak bepergian jarak dekat. Pemerintah kota Sydney juga membuat jalur khusus untuk pengendara sepeda sehingga mereka bisa dengan leluasa kesana-kemari. Hal ini telah mengangkat harkat dan martabat sepeda sebagai sarana transportasi yang membuatnya sejajar dengan kendaraan bermesin lainnya. Tentu status sepeda masih ‘hina’ di negara kita bukan?

5. Catch a bus!
 
 Enrique PeƱalosa, Mantan walikota Bogota, pernah berujar: "An advanced city is not a place where the poor move about in cars, rather it’s where even the rich use public transportation" dalam bahasa Indonesia kira-kira dia berujar bahwa kota yang maju itu adalah kota yang mana orang-orang kayanya menggunakan transportasi public. Dengan defenisi ini saya bisa mengatakan bahwa Sydney telah memenuhi syarat untuk menjadi kota yang maju karena Sydney memiliki sarana transportasi public yang sangat baik dan nyaman. Hal inilah yang membuat Sydney tidak begitu macet meskipun kotanya sangat sibuk.

Itu saja dulu untuk postingan kali ini ya mate! Tunggu postingan-postingan saya selanjutnya! 

No comments:

Post a Comment