Wednesday, June 4, 2014

Rencana Studi



Jurusan sastra Inggris tidak hanya tidak tersedia di kabupaten saya tetapi juga masih merupakan jurusan yang tidak begitu digemari oleh sebagian besar pelajar di provinsi jambi. Institut Agama Islam Negeri Sulthan Thaha Saifudin Jambi (IAIN STS Jambi) adalah satu-satunya institusi pedidikan tinggi di provinsi Jambi yang menawarkan jurusan sastra Inggris strata satu. Fakta ini tidak dapat tidak membuat jurusan Sastra Inggris IAIN STS Jambi memiliki peran yang sangat vital dalam menciptakan akademisi yang kompeten dalam bidang sastra Inggris. Akan tetapi, saat ini jurusan sastra Inggris IAIN STS Jambi hanya memiliki dua orang dosen tetap yang memiliki latar belakang pendidikan strata dua sastra Inggris. Walaupun ada beberapa dosen lain yang memiliki latar belakang sastra Inggris, namun sebagian besar mereka masih berpendidikan strata satu. Oleh karena itu saya berkeinginan untuk membantu jurusan sastra Inggris IAIN STS Jambi berkembang dengan memperoleh gelar master sesuai dengan latar belakang pendidikan saya, sastra Inggris, di National University of Singapore. 
Saya sangat suka mengajar karena  bagi saya profesi sebagai pengajar itu adalah profesi yang sangat mulia. Dengan mengajar saya tidak hanya bisa mengamalkan ilmu yang saya peroleh tetapi saya berperan aktif dalam mencerdaskan anak bangsa. Adalah suatu kebahagiaan yang tak terhingga ketika saya melihat ilmu yang saya ajarkan kepada anak murid saya membawanya ke puncak keberhasilan. Tahun lalu saya diberikan kepercayaan untuk mengajar TOEFL di jurusan Sastra Inggris IAIN STS Jambi. Sebetulnya saya juga ingin mengajar mata kuliah sastra Inggris, akan tetapi mengingat saya tidak memiliki gelar strata dua rencana itu masih jauh dari kenyataan. Oleh karena itu, memperoleh gelar master dalam bidang sastra Inggris akan sangat membantu saya meningkatkan kemampuan akademis agar mahasiswa yang saya ajarkan memiliki pengetahuan yang lebih baik dalam kajian sastra Inggris.
Motivasi sata untuk melanjutkan kuliah master jurusan sastra Inggris salah satunya adalah saya ingin melanjutkan penelitan strata satu saya.  Srikpsi saya bertemakan pengaruh perang saudara di Amerika terhadap penanaman nilai-nilai feminis kepada perempuan. Saya juga ingin memperdalam kajian saya terhadap beberapa mata kuliah yang diantaranya adalah Women Novelists, Literature and the Environment, dan Writing in the Aftermath. Mata kuliah Women Novelists akan memungkinkan saya mengkaji karya-karya sastra yang ditulis oleh novelis-novelis perempuan untuk lebih memahami pengalaman psikologis mereka dan dampaknya terhadap politik, sosial dan budaya. Sedangkan Literature and the Environment akan memungkinkan saya menelusuri kembali dan mengkaji karya-karya sastra yang berhubungan dengan lingkungan hidup. Pengetahuan ini akan saya jadikan sebagai upaya untuk lebih berkontribusi pada kelestarian lingkungan hidup. Adapun Writing in the Aftermath akan menjadikan saya lebih memahami pengaruh trauma sejarah yang dialami oleh seorang novelis terhadap karya sastra yang ia lahirkan. Saya ingin mengkaji lebih dalam lagi karya-karya sastra pra kemerdekaan Indonesia untuk lebih memahami sejarah dan berkontribusi agar hal yang sama tidak terjadi lagi di masa yang akan datang.
Tidak ada yang lebih mengkhawatirkan saya selain ketiadaan pilihan jurusan di kampus di kabupaten saya khususnya jurusan bahasa dan sastra Inggris. Dengan keadaan dunia yang semakin terbuka dan terhubung kemampuan menguasai bahasa Inggris merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh generasi muda di daerah saya. Sudah banyak dari mereka yang harus mengubur mimpi untuk menguasai bahasa Inggris disebabkan oleh realita ini. Oleh karena itu saya berambisi untuk mewujudkan impian mereka mempelajari bahasa Inggris dekat dengan tempat tinggal mereka. Sehingga orang tua mereka tidak perlu lagi khawatir karena tidak memiliki biaya untuk menguliahkan anak mereka di Kota Jambi. Untuk mewujudkan impian ini saya tahu saya harus banyak belajar dan menimba pengalaman. Oleh karena itulah saya ingin melanjutkan kuliah di National University of Singapore. Saya yakin dengan belajar di kampus kelas dunia ini saya akan berkesempatan untuk merasakan sistem pendidikan, kurikulum, dan metode pengajaran kelas dunia pula yang nantinya akan sangat bermanfaat dalam mewujudkan impian saya di dunia akademis.
Saya memiliki dua rencana untuk masa depan saya. Rencana jangka pendek saya adalah saya akan menjadi dosen di jurusan sastra Inggris IAIN STS Jambi setelah selesai studi strata dua. sedangkan rencana jangka panjang saya adalah menjadi seorang professor dan membantu membuka berbagai pilihan jurusan perkuliahan khususnya jurusan sastra Inggris di kampus di kabupaten saya. Semoga Allah SWT selalu meridhoi setiap langkah hidup saya dalam mewujudkan dua impian ini. Amin.


1 comment: