Tuesday, May 3, 2011

Sejarah Penemuan CD (Compact Disc) dan DVD

Compact Disc


CD atau compact disc adalah sebuah piringan bundar yang terbuat dari logam atau plastik berlapis bahan yang dapat dialiri listrik, sehingga bersifat magnet. CD juga menyimpan data. Data direkam di atasnya, kemudian dibaca dari disk dengan menggunakan kumparan pengonduksi yang dinamakan head. Selama proses pembacaan, head tidak bergerak sama sekali. Sedangkan piringan disk bergerak di bawahnya. CD ini bisa menyimpan 783 MB informasi audio pada salah satu sisinya loh.

Quote:
Bahan Pembuat

Disc terbuat dari bahan polycarbonate yang dilapisi dengan alumunium karena permukaannya yang reflektif. Informasi dilacak dari CD dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang ditempatkan di dalam optical disc player atau drive unit.
Quote:
Cara Kerja CD

Sobat-sobat mau tahu enggak, bagaimana cara kerja sebuah CD? Laser akan menyinari lapisan pelindung yang bening, ketika motor drive di CD player bekerja memutar disc. Laser itulah yang berfungsi melacak dan menampilkan data, baik dalam bentuk suara, gambar, ataupun data yang direkam di salah satu sisi CD.

Nah sejak itulah, kita mulai akrab dengan CD, baik ketika sedang mendengarkan musik, menonton film, ataupun membuka data lain termasuk aplikasi data komputer. Makanya enggak heran, kalau CD dikenal sebagai produk teknologi yang paling berhasil sepanjang sejarah kehidupan manusia.
Quote:
Sejarah CD

James T. Russell adalah orang yang pertama kali menemukan CD. Sejak kecil, James dikenal dengan jiwa penemunya. Pada tahun 1937, saat berusia 6 tahun, James membuat remote control untuk kapal perangnya dengan menggunakan kotak makan siangnya. James juga termasuk orang pertama yang menikmati televisi dan keyboard sebagai media masukan data ke komputer.


James T. Russell

James seorang penggila musik di masa itu. Dia sangat tidak puas dengan kualitas musik yang dihasilkan keping piringan hitam gramafon (phonograph). Karena penasaran, sampai-sampai James bereksperimen menggunakan duri kaktus sebagai jarum pembaca piringan hitam. James sudah menduga kalau hasil eksperimennya sia-sia. James menginginkan sistem yang akan merekam dan memutar kembali lagi sebuah lagu tanpa harus kontak langsung antarbagiannya. James melihat bahwa cara terbaik untuk itu adalah dengan menggunakan cahaya.

Setelah jungkir balik memeras otak selama beberapa tahun, akhirnya dia menemukan cara menyimpan data dalam piringan sensitif cahaya. Data ini dimodelkan dalam `bit` cahaya yang sangat kecil. Sebuah sinar laser akan membaca struktur bit cahaya ini, kemudian komputer akan mengubah data ini ke dalam sinyal elektronik. Dan untuk pertama kalinya lahirlah compact disc. Kemudian pada tahun 1970, James menerima hak paten.

Pada tahun 1972, Klass Compaan, seorang ahli fisika di Phillips Research bersama temannya, Piet Kramer, berhasil menampilkan model video disc berwarna pertama. Pada waktu itu belum dipublikasikan secara luas karena masih banyak kelemahannya.


Piet Kramer

Pada waktu yang hampir bersamaan, Phillips meluncurkan audio CD pertama ke pasaran, namun mengalami masalah pada saat proses menerjemahkan data, sehingga gagal putar. Kemudian pada tahun 1978, Phillips bekerja sama dengan Sony, dan mengembangkan standar baku untuk memproduksi CD. Dua tahun kemudian, Phillips dan Sony berhasil meluncurkan audio digital compact disc dengan standar baku, dan mulai dipasarkan secara resmi di Eropa dan Jepang pada tahun 1982. Baru pada tahun 1983, CD mulai dipasarkan di Amerika Serikat.
Sobat-sobat, siapa yang sangka ya, kalau CD diciptakan dari sebuah kegagalan. Ditemukan oleh James T. Russell, seorang ilmuwan bermodal nekat. Lalu disempurnakan oleh dua raksasa perusahaan elektronik dunia, Phillips dan Sony. Dan kini, CD menjadi salah satu produk teknologi yang paling berhasil di dunia. Wah ... hebat ya, dalam piringan yang mungil itu, bisa menyimpan lagu, film, foto ataupun data lainnya.
Quote:
DVD


DVD adalah singkatan Digital Versatile Disk. Sebagai informasi, DVD sempat diberi julukan “Delayed, Very Delayed”. Hal ini disebabkan lamanya format ini diluncurkan di pasaran. Bahkan berbagai studio film memberi julukan “Digital Video Disc”. Singkatan ini diubah menjadi Versatile Disk oleh beberapa aplikasi. Oleh sebab itu untuk menghilangkan ambigu terhadap singkatan DVD yang ada, forum DVD yang menaungi perkembangan DVD memutuskan untuk mengunakan nama DVD saja.

Quote:
Sejarah Singkat DVD

Pada awak tahun 1990-an, perusahaan-perusahaan maju yang ikut serta dalam pengembangan tekologi optik (CD) mengusulkan pengunaan media baru yang memberikan jaminan akan daya tampung yang lebih besar. Usulan dari perusahaan-perusahaan akan media baru inilah yang kita kenal dengan nama DVD sekarang ini. Perusahaan-perusahaan yang peduli akan perkembangan teknologi optik ini kemudian membentuk suatu konsorsium yang terdiri atas: JVc, Hitachi, Matsushita, Mitsubishi, Philips, Pioneer, Sony, Thompson, Time-Warner, dan Toshiba. Tapi, tidak lama kemudian akan aktif lagi dan digantikan dengan kehadiran forum DVD. Teknologi DVD pertama kali diperkenalkan oleh negara Jepang pada tahun 1996. Tidak lama kemudian, format ini mulai masuk ke pasar Amerika dan sekarang telah banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Jika anda cermati, berbagai jenis PC bermerek yang ada di pasaran juga mulai mengunakan drive DVD bahkan ada juga yang menyertakan DVD writer dibandingkan mengunakan CD-ROM aau CD Writer.

Format DVD memiliki sejarah yang penuh dengan ketidakpastian serta mendapat berbagai proses dari berbagai pihak. Format DVD yang menjadi kontroversial ini diawali oleh berbagai protes yang datang dari studio film pada tahun 1996. Di mana pada saat itu banyak studio film yang mengkwatirkan akan kedatangan format ini malah akan menambah jumlah pembajakan akan teknologi optik seperti halnya CD musik atau film yang dapat dengan mudah didapatkan dengan harga murah bahkan gratis. Perdebatan antara studio film dengan format DVD mengakibatkan format ini agak tertunda selama hampir 1 tahun. Setelah itu, format ini juga mengalami masalah dalam hal format DVD yang berbagai jenis di pasaran.

20 Foto Paling Misterius Sepanjang Sejarah

1.Eksekusi Gerilyawan Vietkong (1968)

Saat Jenderal Nguyen Ngoc Loan, kepala kepolisian Vietnam Selatan mulai menarik pelatuk pistol kearah seorang komandan gerilyawan vietkong, fotografer Associated Press Eddie Adams mulai menekan tombol shutter kameranya. Eddie Adams memperoleh penghargaan jurnalisme tertinggi, Pulitzer, lewat foto yang diambilnya ini. Namun lebih dari itu, foto ini mengubah opini masyarakat Amerika terhadap Perang Vietnam, memicu gerakan anti perang dan menginspirasi lahirnya generasi bunga di Amerika waktu itu. Bagi sang jenderal, foto ini membuatnya menjadi ikon kekejaman dan ejekan serta penolakan selalu menyertainya kemanapun dia pergi sampai akhir hayatnya.


Spoiler for Eksekusi Gerilyawan Vietkong (1968):




2.Jenderal Soedirman Dalam Tandu (1948)

Foto diatas saya dapatkan tahun 2001, dan saya kesulitan mengingat sumbernya. Pak Dirman adalah Jenderal pertama dan termuda yang dimiliki Indonesia, salah satu teladan dan tokoh terbesar yang dilahirkan bangsa. Tokoh yang dikenal sangat teguh berpegang pada prinsip ini juga sangat tangguh. Dalam keadaan sangat lemah karena paru-parunya tinggal sebelah, dia memimpin gerilya selama 7 bulan menghadapi agresi militer ke-2, berpindah dari hutan ke hutan dengan ditandu dan tanpa pengobatan sama sekali. Hanya semangat pasukan dan kepasrahan dirinyalah yang menjaganya tetap tegar. Semangat dan keteguhan Pak Dirman terus menjadi penggerak perjuangan kala itu. Dan foto ini seharusnya terus menjadi pengingat “dunia Indonesia” akan begitu banyak nilai baik, prinsip dan keteguhan yang mulai luntur dimana-mana.

Spoiler for Jenderal Soedirman Dalam Tandu (1948):




3.Wanting A Meal (1993)

Kevin Carter berangkat ke Sudan dengan niatan untuk mengambil foto pemberontakan yang terjadi. Namun sesampainya disana, justru korban kelaparan-lah yang menarik minatnya. Dijalan dia mendapati seorang bocah perempuan kelaparan merangkak lemah susah payah menuju pusat pembagian makan, berhenti ditengah jalan dan mengumpulkan tenaga. Ditengah kejadian itu, seekor burung bangkai datang dan menunggu bocah tersebut. Carter-pun mengabadikan kejadian tersebut. Foto ini pertama dimuat dikoran New York Times, dan reaksi keras bermunculan mengkritik Carter yang tidak menolong gadis kecil ini. Carter beralasan dia sudah mengusir burung bangkai tersebut sesudah mengambil foto, namun tidak menolong si bocah karena konvensi fotografer yang tidak boleh ikut campur dalam konflik (?). kontroversi terus menghujani Carter, meskipun hadiah Pulitzer dia terima atas karyanya ini. Tahun 1994, Carter ditemukan bunuh diri dengan sengaja mengalirkan gas CO dari knalpot mobil kedalam ruangannya. Dia meninggalkan catatan yang isinya berupa penyesalan dan kesedihan karena tidak menolong si bocah, frustasi akibat terjerat hutang dan kesedihan karena sahabat karibnya tertembak. Foto ini selalu mengingatkan akan tragedi kemanusiaan di Afrika dan tragedi dalam dunia fotografi itu sendiri, keduanya memang tidak bisa dipisahkan.

Spoiler for Wanting A Meal (1993):




4.Pendaratan Normandia (1944)

Robert Capa memiliki pakem yang sangat terkenal, “Jika hasil fotomu tidak bagus, berarti kamu kurang dekat.” Sebelum era Capa, jurnalisme foto masih belum begitu dihargai. Robert Capa seperti menjadi penanda pentingnya jurnalisme fotografi yang kemudian menjadi sangat berpengaruh dibanyak peristiwa besar dunia. Karya Capa paling dikenal adalah serangkaian foto pendaratan Normandia dimana dia ikut dalam rombongan airborne yang mendarat di pantai Omaha -Perancis selama perang dunia 2. Terjebak dalam hujan peluru dan granat antara Sekutu - Jerman, dan selama beberapa jam awal berhasil mengambil 106 foto dari kamera Comtax berlensa pendek 50mm dan 6 roll film untuk mengabadikan invansi yang menjadi awal tumbangnya Adolf Hitler ini. Kesalahan yang dilakukan staf pencucian film membuat semua fotonya terlihat kabur, namun pakem Capa kemudian diikuti seluruh jurnalis foto sampai detik ini: mengabadikan peristiwa dari jarak sedekat mungkin. Karya Capa lainnya bisa anda lihat disini.

Spoiler for Pendaratan Normandia (1944):




5.Lynching (1930)

10.000 masa kulit putih nekad mengamuk dan menggelandang dua pemuda kulit hitam dari penjara, serta menghukum mereka dengan hukuman gantung tanpa keputusan hakim. Kedua pemuda ini dituduh memperkosa seorang gadis kulit putih, peristiwa terjadi di Marion-Indiana, dimana pengadilan massal sering sekali terjadi jika pelaku yang menjadi tertuduh adalah warga kulit hitam. Foto pengadilan masal seperti ini dulu sering dibuat menjadi postcard untuk menunjukkan supremasi kulit putih. Wajah mayat yang digantung berbanding kontras dengan kepuasan yang diperlihatkan warga, sebuah monumen kekejaman dan sikap barbarian…(ada yang punya foto pembakaran pencopet di jakarta nggak?)

Spoiler for Lynching (1930):




6.Earthrise (1968)

Foto ini adalah foto planet bumi yang diambil pertama kali dari luar angkasa. Banyak orang menyebutnya sebagai foto lingkungan hidup paling berpengaruh yang pernah diambil. Diambil pada malam natal tahun 1968, oleh kru Apollo 8, William Anders. Foto ini mengingatkan banyak orang akan ringkihnya eksistensi manusia dan kecilnya planet dibandingkan alam raya.

Spoiler for Earthrise (1968):




7.Tragedi Tiananmen 1989

Demonstrasi sekitar 3000 mahasiswa di Beijing berubah menjadi demosntrasi masal jutaan rakyat Cina, meminta reformasi pemerintahan yang tidak adil. Selama 7 minggu, rakyat dan tentara berhadap-hadapan dan saling mengejek. Saat partai komunis mulai mengerahkan tank untuk membubarkan masa, seorang mahasiswa nekad menghadang laju sebarisan tank, berdiri tegap didepannya sambil memegang tas. Seorang pahlawan lahir. Pahlawan kedua lahir, saat pengemudi tank menolak perintah komandannya untuk melindas mahasiswa tersebut dan memilih berjalan memutarinya. Kejadian ini memang tidak berakhir indah karena pembantaian akhirnya terjadi di lapangan Tiananmen. Namun sejak itu masyarakat Cina mulai sadar, selalu ada harapan akan kesatuan antara tentara dan rakyatnya.

Spoiler for Tragedi Tiananmen 1989:




8.Foto Manusia Dengan Sinar Rontgen Pertama (1896)

Saat bereksperiman dengan tabung sinar katoda yang ditambahi barium platinosianida, Rontgen terkejut ketika mendapati bahwa hasil foto ternyata menghasilkan efek pendaran yang berbeda. Menyadari kekuatan sinar yag dihasilkan tabung itu, Rontgen memotret tangan istrinya (perhatikan cincin kimpoi yang melingkar) dan membuat foto sinar X yang pertama. Sebelum itu, dokter tak pernah bisa melihat bagian dalam tubuh manusia kecuali membedahnya. Rontgen sendiri memperoleh hadiah Nobel fisika tahun 1901.

Spoiler for Foto Manusia Dengan Sinar Rontgen Pertama (1896):




9.Loch Ness (1934)

Legenda monster Lochness di Skotlandia sebenarnya sudah berhembus sejak abad ke 1, namun tidak sebelum foto diatas dicetak dan tersebar, cerita palsu ini menjalar keseluruh penjuru dunia. Foto ini bertanggungjawab atas puluhan tahun spekulasi, milyaran dolar uang dari kantong wisatawan yang datang dari seluruh dunia serta eksplorasi bawah air yang mahal dan menghabiskan tenaga. Semua gara-gara foto palsu ini. Christian Spurling, Marmaduke dan Ian Wetherell merakit monster palsu dari mainan kapal selam dan kayu dan mengambangkannya diatas danau, kemudian menjepretnya dengan kamera. Pengakuan mereka 60 tahun kemudian (1994) mengakhiri spekulasi tentang kebenaran cerita monster Loch Ness. Foto ini mungkin sekali adalah foto rekayasa pertama kali didunia, selain itu menandaskan kembali pernyatan “kamera tidak pernah berbohong…manusialah yang berbohong…”

Spoiler for Loch Ness (1934):




10.Kent State 1970

Ketika presiden Richard Nixon mengatakan dia sedang mengirimkan pasukan ke kamboja,mahasiswa dinegara ini melancarkan protes. Di kent state beberapa orang melempar batu.pasukan garda nasional ohio masuk ke pergumulan dan tiba-tiba menembaki para pemrotes,dan menewaskan 4 orang,dua orang diantaranya ketika sedang berjalan menuju kekelasnya.Foto ini menangkap momen penting dimana prajurit amerika sudah menewaskan anak amerika. Fotografer mahasiswa john Filo memenangkan Pulitzer,peristiwa itu juga diingat pada lagu neil young dan film TV. Gadis yang bernama Mary ann Vecchio kemudian berbalik tidak mau menjadi mahasiswa kent state dan dikirimkan kembali ke keluarganya di Florida.


Spoiler for Kent State 1970:


11.Biafra 1969

Ketika Igbos di Nigeria timur mendeklarasikan kemerdekaannya pada 1967,Nigeria memblokade negara yang berpengalaman,yaitu Biafra.pada tiga tahun perang,lebih dari satu juta orang tewas,terutama karena kelaparan. pada masa kelaparan ini,anak-anak yang kurang protein banyak yang menderita penyakit kwarsiorkor,yang menyebabkan ototnya lemah dan perutnya melilit.kejadian tersebut menarik perhatian fotografer perang Don McCullin."saya tercurahkan oleh pandangan mata saya terhadap 900 anak-anak yang tinggal di satu di kamp dipusat titikkematian"katanya."saya kehilangan seluruh minat untuk memotret para prajurit saat beraksi".komunitas dunia memberikan intervensi guna membantu Biafra,dan belajar.pelajaran utama seputar keterkaitan kelaparan masif yang diakibatkan oleh masalah perang yang masih menghadapi persoalan yang sederhana.

Spoiler for Biafra 1969:




12.Kebakaran perusahaan Triangle Shirtwaist 1911

Perusahaan triangle shirtwaist selalu memelihara pintunya tetap terkunci guna menjamin bahwa perempuan imigran muda tetap tinggal bersama mesin mereka dan tidak mencuri segala sesuatu.ketika kebakaran muncul dihari sabtu,25 maret 1911,di lantai delapan di pabrik New york city,kunci menetukan nasib para pekerja.Hanya dalam 30 menit,146 orang tewas.Saksi berpikir pemilik bertaruh dengan caranya keluar jendela menyelamatkannya,kemudian membantu para pekerja melompat,namun hal itu tidak terjadi.bencana triangle ini membawa perang nasional terhadap keselamatan di tempat kerja.

Spoiler for Kebakaran perusahaan Triangle Shirtwaist 1911:




13.Nagasaki 1945

ini bukanlah gambar awan jamur yang pernah terlihat,namun ini sebenarnya gambar atas kekuasaan yang tidak terbatas.pada tanggal 6 agustus bom atom pertama menewaskan kira-kira 80.000 orang dikota Hiroshima di jepang.Tidak ada orang yang menyerah dengan cepat,dan tiga hari kemudian bom kedua meledak 500 meter diatas tanah di Nagasaki.Angin bertiup,sinar yang panas mencapai beberapa ribu derajat dan radiasi menghancurkan segalanya bahkan di tempat yang jauh,menewaskan dan melukai sebanyak 150.000 orang pada saat itu dan lebih banyak lagi berikutnya.

Spoiler for Nagasaki 1945:




14.South of the DMZ 1966

Koresponden dan fotografer di vietnam seperti Walter Cronkite yang menulis di LIFE,selalu mengikuti pasukan kemanapun mereka pergi.ia melaporkan berita tanpa sensor,masalah-masalah prajurit amerika serta latar belakang kepahlawanan nya diinformasikan dengan baik pada publik.
Reaching out merupakan salah satu contoh penting pencitraan yang kuat yang muncul dari vietnam.Foto berwarna penduduk desa vietnam yang disiksa dan orang amerika yang terluka di mana Larry Burrows mengambilnya dan LIFE menerbitkannya bermula pada tahun 1962,secara pasti membentengi tangisan terhadap keberadaan amerika di vietnam.susan sontag menulis di essai nya "Menatap Perang" pada 9 desember 2002,new yorker."burrows menjadi fotografer penting pertama yang melakukannya sepanjang perang secara berwarna.kemudian Burrows tewas saat helikopter yang ditumpanginya ditembak jatuh diatas Laos pada tahun 1971.

Spoiler for South of the DMZ 1966:




15.Kematian dipantai 1943

Ketika LIFE memunculkan foto mengerikan dan kejam sekali di sebuah pantai di papua Nugini pada 20 september 1943,majalah ini langsung menimbulkan banyak pertanyaan,"Mengapa mencetak gambar ini,bagaimanapun tiga anak laki-laki amerika mati di sebuah pantai yang asing"??diantara alasannya:"Kata-kata tak pernah cukup,kata-kata takkan bisa membuat kita melihat atau mengetahui dan merasakan seperti apa,apa yang sebenarnya terjadi"..
LIFE sebenarnya menerbitkan atas kebijakan pemerintah,presiden Franklik D. Roosevelt,diyakinkan bahwa orang amerika tumbuh dan berkembang terlalu puas dengan perang,hingga dia mengangkat pelarangan gambar yang menyatakan kasus-kasus amerika serikat.Gambar strock dan lainnya yang menyertai ada di LIFE dan dimanapun punya pengaruh.Publik yang dikejutkan atas realitas serangan,dimasukkan dengan resolusi untuk memenangkan perang yang lebih besar.

Spoiler for Kematian dipantai 1943:




16.Birmingham 1963

Selama bertahun-tahun,birmingham di Alabama dipertimbangkan menjadi "kota paling tangguh dibagian selatan" yaitu tempat populasi kulit hitam yang besar dan kelas kulit putih yang dominan yang sering bertemu,membuka kerentanan.Birmingham pada 1963 sudah menjadi Celebre asal usul gerakan hak-hak sipil kulit hitam. saat demonstran tanpa kekerasan yang dipimpin oleh Rev. Martin luther king Jr mengulangi masuk penjara,dengan tanpa lelah meminta segregasi. Gambar orang-orang ini terdorong oleh aliran tumpah ruah perjalanan mendukung kulit hitam.

Spoiler for Birmingham 1963:




17.Perang Crimean 1855

Penyumbang dana dengan gaya artistik,Roger Fenton mengambil kuas cat dan kemudian, mengambil foto pada display di pameran besar di Hyde park pada 1851,dengan kameranya.Fenton menunjukkan lanskap dan potret serta foto anak Ratu victoria di kastl windsor pada 1854.tahun berikutnya,dia ditugaskan oleh dealer cetak untuk meliput perang Crimean,digaji oleh Inggris dan prancis melawan Rusia.Jadi perang menjadi konflik pertama dengan semua rekaman foto yang substansial.Pertarungan kolera dan rusuk yang patah,menyelimuti laboratorium.dengan kereta kudanya fenton menghasilkan 350 gambar,fenton pun dinobatkan sebagai fotografer perang,karena bukan saja sponsor fenton yang menginginkan melihat pembantaian atas semua bukti perang yang sedang berlangsung,tetapi juga Ratu.

Spoiler for Neato X-11:




18.Breaker boys 1910

Apa yang Charles dickens kerjakan dengan kata-kata untuk menggambarkan london,Lewis Hine mengerjakan dengan foto atas laboran muda di AS pada 1908,Komite buruh anak Nasional sudah berkampanya menempatkan dua juta pekerja muda kembali ke sekolah ketika kelompok mengangkat Hine.Orang asli wisconsin berkelana separuh negara,menangkap gambar anak-anak yang sedang bekerja di pertambangan,perkebunan dan di jalan-jalan.Di sini dia memotret "breaker boys" yang pekerjaannya memisahkan batu bara dari slate,di south pittson,panderosa.suatu ketika gambar terarah ke publik dengan cara yang dingin dan negara memberlakukak hukum pelarangan buruh anak.

Spoiler for Breaker boys 1910:




19.Penerbangan 1903

pada 17 desember 1903, dua mekanik sepeda dari ohio menunjukkan salah satu dari impian paling liar dari manusia.selama 12 detik mereka bisa terbang bebas.sebelum siang berakhir,orville dan willbur wright bisa menjaga pesawat dari kain kabel dan kayu selama 59 detik.warga yang ingin tahu melihat layaknya sayap burung untuk terbang ke udara,didekat Kitty hawk NC.beberapa orang bisa mempercayai kisah wright. meski menggunakan zaman manusia untuk bisa terbang,suatu ketika bersaudara ini membuat lompatan,kurva pembelajaran mencapai surga. Dalam 15 tahun momen penting ini,hampir seluruh elemen pesawat modern sudah dibayangkan,meski belum dikembangkan.

Spoiler for Penerbangan 1903:




20.promontory point 1869

Upacara mulai pada 10 mei 1869 sebagai lokomotif central pacific di timur dan lokomotif union pacific di sisi barat bertemu di promontory point,utah menandai selesainya jalur kereta api tran kontinental pertama.Orang-orang yang menunggang kuda siap mengucapkan selamat pada kendaraan dizaman keemasan ini.Hasil karya ini menjadi brutal,pada suatu tahapan,upaya untuk melewati terowongan melalui tulangan marmer di pegunungan Sierra Nevada memerlukan waktu sepanjang tahun,hanya delapan inchi sehari kemajuan yang dicapai.Jadi,pekerjaan yang menakjubkan.tetapi ini juga merupakan contoh awal sebuah foto,pemanfaatan sebuah gambar sebagai alat hingga akhir.Folks Back East dapat terlihat,dataran saat siang hari,dimana sebuah kereta dapat membawanya di sepanjang jalur ke California,dimana para businesman cemas menunggu perdagangannya.

Spoiler for promontory point 1869:


 

Wow.. Inilah Foto Foto Lucu Ketika Kucing dan Anjing Berbisik di Telinga




Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:

Wow.. PARAH Inilah Foto Foto Keadaan Polusi Di China Mengerikan Di Dunia

olusi di China
Ini menyedihkan, tetapi orang-orang di Cina masih tidak peduli terhadap lingkungan

Quote:
Republik Rakyat Cina (RRC; Pinyin: Zhōnghuá Rénmín Gònghéguó; Hanzi tradisional: 中華人民共和國; Hanzi Sederhana: 中华人民共和国; juga disebut Republik Rakyat Tiongkok/RRT) adalah sebuah negara komunis yang terdiri dari hampir seluruh wilayah kebudayaan, sejarah, dan geografis yang dikenal sebagai Cina/Cina. Sejak didirikan pada 1949, RRC telah dipimpin oleh Partai Komunis Cina (PKC). Sekalipun seringkali dilihat sebagai negara komunis, kebanyakan ekonomi republik ini telah diswastakan sejak tiga dasawarsa yang lalu. Walau bagaimanapun, pemerintah masih mengawasi ekonominya secara politik terutama dengan perusahaan-perusahaan milik pemerintah dan sektor perbankan. Secara politik, ia masih tetap menjadi pemerintahan satu partai.

RRC adalah negara dengan penduduk terbanyak di dunia, dengan populasi melebihi 1,3 miliar jiwa, yang mayoritas merupakan bersuku bangsa Han. RRC juga adalah negara terbesar di Asia Timur, dan ketiga terluas di dunia, setelah Rusia dan Kanada. RRC berbatasan dengan 14 negara: Afganistan, Bhutan, Myanmar, India, Kazakhstan, Kirgizia, Korea Utara, Laos, Mongolia, Nepal, Pakistan, Rusia, Tajikistan dan Vietnam.

Dalam suatu pertikaian yang terus berlangsung, RRC menuntut hak memerintah atas Taiwan dan pulau-pulau sekitarnya yang tidak pernah dilepaskan oleh Republik Cina. Pemerintah RRC mendakwa bahwa Republik Cina merupakan suatu entitas yang tidak lagi wujud dan secara administratif meletakkan Taiwan sebagai provinsi ke-23 RRC. (Lihat Cina dan Status politik Taiwan untuk informasi lebih lanjut).

RRC mengklaim kedaulatan terhadap Taiwan namun tidak memerintahnya (hal yang sama juga berlaku terhadap Pescadores, Quemoy, dan Matsu). Status politik Taiwan merupakan hal yang kontroversial; Taiwan diperintah Republik Cina, yang kini berbasis di Taipei. Republik Cina mengklaim kedaulatan terhadap seluruh Cina daratan dan begitu juga dengan RRC.

Cina Daratan merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk kepada kawasan di bawah pemerintahan RRC dan tidak termasuk kawasan administrasi khusus Hong Kong dan Macau. Pemerintah RRC melihat pemerintahannya di Cina sebagai Tiongkok Baru (新中国) saat membandingkan dirinya dengan Cina sebelum tahun 1949. RRC juga dijuluki sebagai "Cina Merah" bagai kawasan yang sama, terutama oleh musuhnya di Barat, dengan merujuk kepada warna merah yang merupakan lambang komunis.
Quote:
Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:



Spoiler for klik:


[quote=bayuseptiaaan;418111991]Bentar lagi indonesia kaya gitu tuh kalau udah banyak yang beli motor dan mobil. liat aja sekarang motor udah dimana mana kaya semut -,-
ane khawatir ntar indonesia jadinya kaya gimna kalau bgeini terus. sementara perbulan pembeli motor sudah bejibun.
bayangkan kalau di indonesia dalam sebulan bisa 1000 motor terjual
bagaimana kalau setahun ?
dua tahun ?
tiga tahun ?
empat tahun ?