Saturday, April 30, 2011

Prinsip dan Cara Kerja Kamera Digital

Kamera Digital


Sebelum menggunakan kamera digital kita harus mengetahui jenis dan fungsi dari komponen kamera tersebut. Jenis kamera digital yang kita bahas adalah Kamera Saku (Point and Shoot Camera) dan Kamera Digital SLR (Single Lens Reflex).

Quote:
Jenis Jenis Kamera Digital

Quote:
Kamera Saku (Point and Shoot Camera)


Kamera Point and Shoot Camera paling banyak digunakan orang karena mudah pemakaiannya dan relatif murah. Kamera ini dirancang untuk mereka yang kurang menyukai kontrol manual atau kata lain serba otomatis. Kamera ini mempunyai fasilitas yang menarik antara lain.

1. Optical zoom
Yaitu fasilitas pembesaran gambar yang dilakukan dengan kombinasi reposisi lensa.

2. Digital zoom
Yaitu failitas pembesaran gambar yang dilakukan secara digital. Proses ini sebenarnya hanya berupa proses crooping dan pembesaran menggunakan software internal kamera. Zoom ini mengakibatkan gambar menjadi kabur (blur).

3. Resolusi sampai dengan 3,1 mega piksel.
Media bidik bisa berupa lensa konvensional. LCD, atau merupakan kombinasi keduanya
Quote:
Kamera Digital Semi Profesional


Kamera jenis ini memiliki banyak sebutan, antara lain prosumer camera dan advance digital camera. Pemberian nama tersebut berkaitan dengan fungsi dan target pasarnya yang unik. Kamera ini dirancang untuk mereka yang ingin disulitkan oleh pengaturan diafragma dan segala pernik teknik fotografi.

Dengan kamera ini mereka bisa mengatur jarak secara manual dan mode zooming atau bahkan fasilitas macro yang sangat membantu dalam memperoleh kualitas gambar dan efek yang diinginkan. Secara umum kelebihan kamera digital kelas ini adalah pada standar lensa yang digunakan, yakni lensa 35 mm.

Lensa ini mirip lensa standar pada kamera SLR analog, namun dengan desain khusus yang disesuaikan dengan karakter kamera digital. Kelebihan teknis lainnya adalah adanya kendali manual dan otomatis pada fokus, diafragma, dan kecepatan pembukaan lensa. Resolusi kamera kelas ini adalah antara 3,1 megapiksel sampai dengan 5,1 megapiksel. Adanya tawaran fasilitas yang cukup lengkap membuat kamera ini sangat diminati, sekaligus menjadi yang paling populer di antara semua kelas kamera digital.
Quote:
Kamera Digital SLR (Single Lens Reflex)


Resolusi terendah yang dimiliki kamera digital SLR (Single Lens Reflex) adalah 5,1 megapiksel. Seperti halnya pada kamera SLR analog, kamera digital SLR juga memiliki kualitas gambar terbaik karena menggunakan lensa optik dan sistem kendali manual. Selain kendali yang diberikan secara manual, kamera ini juga memiliki sistem kendali otomatis yang dibantu oleh mikro prosesor yang cukup canggih.

Kamera digital bertipe SLR ini, seperti halnya kamera SLR analog, juga menggunakan lensa yang bisa dilepas dan diganti dengan lensa berdiameter lebih besar atau lebih kecil sesuai kebutuhan. Selain itu, penempatan tombol dan fungsi dasar kedua kamera digital ini tidak banyak berbeda. Komponen dasar kamera ini bisa dilihat pada gambar. Ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan kamera digital SLR, yaitu lensa dan blitz.
Quote:
Komponen Kamera Digital



Quote:
Lensa

Lensa adalah media penyaring pertama pada saat kita memindai gambar untuk disimpan. Karena itu pengetahuan dasar tentang lensa kamera digital sangat perlu. Lensa kamera saat ini didiesain menggunakan komputer untuk meningkatkan akurasi. Untuk menambah ketajaman lensa, pada lensa ini dilapisi cairan kimia tertentu. Berikut ini beberapa jenis lensa yang digunakan pada kamera digital SLR:

1. Lensa Standar


Lensa standar adalah lensa yang menjadi komponen standar kamera. Ukurannya 50 mm. Karakter lensa ini adalah memberikan bidikan natural. Lensa ini cocok untuk pemotretan jarak sedang.


2. Lensa Wide Angle (sudut Lebar)


Lensa wide angle adalah lensa yang digunakan untuk menangkap objek yang luas dalam medan bidik yang terbatas. Karakter lensa ini adalah dapat membuat objek lebih kecil dari pada ukuran sebenarnya. Ukuran lensa ini beragam, antara lain : 17 mm, 24 mm, 28 mm, dan 35 mm.
Disamping itu ada juga lensa wide angle dengan diameter 14 mm, 15 mm, dan 16 mm. Lensa lensa ini disebut fish eye lens.


3. Lensa Tele


Lensa tele merupakan kebalikan dari lensa wide angle. Lensa tele berfungsi untuk mendekatkan objek, namun mempersempit sudut pandang. Yang termasuk lensa tele adalah lensa dengan ukuran 70 mm ke atas. Fungsi lain dari lensa tele adalah untuk melakukan croping dan memfokuskan diri pada objek tertentu dan mengaburkan objek di sekitarnya.


4. Lensa Zoom


Lensa zoom merupakan gabungan ketiga jenis di atas. yaitu lensa standar, lensa wide angle, dan lensa tele. Ukuran lensa bukanlah ukuran yang fixed, melainkan bersifat range lensa tertentu, misalnya 80 - 200 mm. Lensa jenis ini merupakan lensa yang paling banyak digunakan karena memiliki karakter yang fleksibel dan range lensanya cukup lebar. Dengan demikian, apabila ingin menggunakan lensa ukuran tertentu pemakai tinggal memutar ukuran lensa sesuai kebutuhan.


5. Lensa Makro


Lensa makro biasanya digunakan untuk membidik objek kecil. Pada kamera digital ini, pembesaran skala makro dilakukan secara digital dan tidak dilakukan secara optis.
Semua jenis lensa tersebut memiliki karakteristik yang sama, yaitu semakin kecil ukuran lensa, semakin lebar sudut yang bisa dijangkau oleh kamera.
Perangkat Pembidik
Quote:
Pembidik Kamera


Perangkat pembidik kamera adalah jendela kecil untuk melihat komposisi gambar yang akan dipotret untuk melihat komposisi gambar yang akan dipotret. Satu hal yang penting dalam perangkat pembidik ini, yaitu akurasi. Setiap jenis perangkat pembidik mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pada kamera digital, ada tiga jenis perangkat pembidik yaitu :


1. Pembidik Optik Paralel


Pembidik optik paralel ini sama dengan pembidik yang dimiliki oleh kamera saku analog. Lensa diletakkan paralel dengan lensa pemindai gambar. Lensa ini memiliki tingkat akurasi tersebut tidak saling berhubungan. Pembidik optik paralel bisa dilihat pada gambar.


2. Pembidik LCD (Liquid Crystal Display)


Pembidik LCD ini berupa layar monitor kecil dibagian belakang kamera digital.
Pembidik ini memiliki tingkat akurasi yang lebih baik dibandingkan dengan pembidik optik karena gambar yang tampil direfleksikan dari lensa kamera. Kelemahan pembidik LCD adalah waktu tunda (delay). Waktu tunda ini sering mengganggu saat pengambilan foto utnuk keperluan dokumentasi yang memerlukan momen tepat saat pengambilan gambar. Pembidik LCD bisa dilihat pada gambar.


3. Pembidik Optik TTI


Pembidik optik TTI (Through Dither lens) merupakan pembidik yang memiliki tingkat akurasi paling tinggi karena pembidik tipe ini mengambil gambar langsung dari lensa kamera menggunakan prisma pemantul objek. Pembidik tipe ini hanya dimiliki oleh kamera SLR. Pembidik optik TTL bisa dilihat pada Gambar.


Langkah Pemotretan


Pada dasarnya semua kamera digital akan melakukan proses komposis; warna dan fokus secara otomatis. Mode fokus otomatis ini akan membantu anda berkonsentrasi pada objek, bukan pada kamera. Langkah-langkah pemotretan menggunakan kamera digital:

Quote:
Aktifkan Kamera


Aktifkan kamera dan aturlah pada mode otomatis. Untuk menghemat baterai matikan pembidik lcd dan gunakan pernbidik optik yang tersedia.
Quote:
Bidik Obyek yang Diinginkan



Lensa pembidik atau lcd akan menampilkan objek yang akan anda potret. Gunakan tombol zoom untuk memperoleh komposisi yang tepat. Jika pembidik mengalami bias atau tidak fokus, anda bisa memeriksa apakah kamera digital anda menyediakan pereduksi bias.
Quote:
Fokus Otomatis



Tempatkan objek yang akan menjadi. Apabila gambar objek belum tajam, gunakan mode fokus otomatis. Skala ketajaman gambar tergantung pada jenis kamera yang anda gunakan. Untuk proses fokus otomatis lakukan saat anda menekan setengah tombol pembidik.
Quote:
Bukaan Otomatis

Pada fotografi ada yang disebut bukaan lensa, yaitu lebarnya lensa pembidik yang akan terbuka untuk memindai gambar. Bukaan otomatis pada kamera digital dideteksi berdasarkan besarnya cahaya yang diterima oleh sensor. Setelah itu dapat ditentukan bukaan lensa optimal dengan cara menekan setengah tombol pembidik.
1. Posisi normal tombol bidik
2. Posisi setengah tekan pada tombol bidik
Quote:
Blitz otomatis



Apabila cahaya yang masuk kurang , bukaan otomatis (autoexposure) akan mengaktifkan blitz secara otomatis. Dalam keadaan aktif lihat lampu indikator yang akan berkedip-kedip pada saat Anda menekan setengah tombol pembidik.
Quote:
White balance otomatis


White balance adalah metode penyaringan pada saat proses konversi dari gradasi hitam putih ke gradasi warna. Metode secara otomatis menyesuaikan proporsi warna agar warna putih tetap tampil putih di foto.
Quote:
Resolusi Gambar

Kamera digital memiliki resolusi standar yang bisa digunakan antara lain.

•256 x 256 piksel resolusi ini banyak dijumpai pada edisi awal kamera digital. Namun kualitas gambarnya tidak memenuhi standar cetak. Total piksel pada resolusi ini adalah 65.000 piksel.

•640 x480 piksel - resolusi ini adalah resolusi terendah untuk standar cetak kamera. Resolusi imbiasa digunakan untuk tampilan standar web baik digunakan pada homepage atau untuk saling berkirim melalui email. Total pada resolusi ini adalah 307.000 piksel.

•1216 x 912 piksel - resolusi ini adalah resolusi standar terendah dari megapiksel. Resolusi ini cukup bagus untuk dicetak dalam format standar. Total piksel pada resolusi ini adalah 1.109.000 piksel.

•1600 x 1200 piksel - resolusi ini memiliki jumlah piksei hampir 2.000.000 piksel. Dengan resolusi tersebut Anda bisa mencetak dengan ukuran 10R.
Resolusi kamera digital pada saat ini sudah melampaui 10.000.000 piksel.

Standar resolusi yang layak untuk ukuran cetak tertentu, "Kodak" mengeluarkan tabel rekomendasi resolusi minimum untuk cetak standar foto, seperti pada tabel di bawah ini.

5 Rekor Dunia yang Dipecahkan Pada Pernikahan Kate-William


Pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton diperkirakan akan disaksikan 1 milyar orang di seluruh dunia.

Gereja Westminster Abbey pada 29 April ini pasti akan terlihat makin megah dan gemerlap. Hal itu tak lain disebabkan oleh pernikahan paling dibicarakan abad ini, yaitu pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Media memang telah berspekulasi mengenai detail dari upacara pernikahan ini. Bahkan, pihak Guinness World Records pun sudah memprediksi bahwa pasangan ini akan memecahkan beberapa rekor dunia untuk kategori pernikahan. Anda ingin tahu apa saja perkiraan mereka?

Quote:
1. Penonton TV terbanyak. Sekitar 750 juta orang di 74 negara berbeda diperkirakan menonton pernikahan mewah Pangeran Charles dan Putri Diana pada 1981. Dengan berkembangnya media, dan obsesi masyarakat tentang pernikahan para selebriti, jelas pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton akan disaksikan lebih banyak orang lagi. Diperkirakan 1 miliar orang akan memancang saluran televisi ke berita pernikahan ini.
Quote:
2. Pasangan paling dicari. Pada era internet seperti sekarang, apa pun bisa dicari dengan meng-googling saja informasi yang diinginkan. Para penggemar pasangan ini dengan mudah akan menemukan informasi terkini tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pernikahan selebriti. Saat ini, pasangan Khloe Kardashian dan Lamar Odom menempati urutan pertama pernikahan selebriti yang paling dicari. Kate dan William yang lebih dikenal di seluruh dunia tentu akan mengalahkan rekor Khloe ini.
Quote:
3. Kue pernikahan terbesar. Dengan jumlah undangan yang begitu banyak, William dan Kate pasti membutuhkan kue pernikahan yang jauh lebih besar dan mewah. Rekor Guinness World untuk kue pernikahan terbesar saat ini adalah seberat 6,8 ton! Kue ini dibuat oleh para chef di Mohegan Sun, Connecticut, bukan untuk pernikahan keluarga kerajaan, melainkan untuk suatu pameran pernikahan pada 2004.
Quote:
4. Potongan kue pernikahan termahal. Potongan kue pernikahan Duke dan Duchess of Windsor pada tahun 1937 berhasil terjual di balai lelang Sotheby’s pada 1998 dengan harga 29.900 dollar AS. Meskipun wedding fruit cakeWilliam dan Kate yang bertingkat-tingkat (akan disiapkan oleh desainer kue, Fiona Cairns) tidak mungkin akan dijual melalui eBay, jika berandai-andai, maka harga per potongnya pasti sangat mahal.
Quote:
5. Gaun termewah atau tudung terpanjang? Banyak orang yang berspekulasi mengenai desainer pilihan Kate, dan gaya seperti apa yang diinginkan oleh perempuan 29 tahun ini. Namun, tidak seorang pun mengetahui secara persis bagaimana rupa gaun pernikahan Kate karena sampai saat ini gaun tersebut menjadi bagian yang paling dirahasiakan oleh kerajaan. Selain itu, memang tidak ada gaun yang memecahkan rekor secara keseluruhan.

Gaun paling “bling bling” yang pernah tercatat adalah yang dibuat dengan 43.000 kristal di Romania pada tahun 2010. Kerudung terpanjang pernah dikenakan pengantin Lebanon, Sandra Mechleb, pada 2009. Kerudung itu terhampar sepanjang 3,3 km.

Putri Diana sendiri memakai gaun dengan tudung kepala yang sangat panjang, 7,6 m. Namun, rekor dunia sampai sekarang masih dipegang oleh desainer Belanda, Lichel van den Ende, dengan tudung sepanjang 2,4 km.

Dubes Djoko Susilo: Minta Ampun deh Kelakuan DPR Kalo di LN: Wisata, Belanja & Umroh

Studi Banding DPR: Wisata, Belanja, Umroh, dan El Clasico

Friday, April 29, 2011, 22:28
DJOKO yang juga bekas anggota DPR mengatakan, ada sejumlah negara yang menjadi tujuan favorit anggota Dewan untuk studi banding. Pertama, adalah kawasan Amerika Utara yang meliputi Amerika Serikat (AS), Kanada dan wilayah lainnya.

Kedua, kawasan Eropa Barat yang mencakup Swiss, Belanda, Inggris, Prancis, dan jerman. Terakhir adalah wilayah Asia Pasifik seperti Australia, Jepang, Korea dan China. Sebagian ada juga yang ke Timur Tengah, seperti Arab Saudi dan Mesir.

“Ciri khasnya, biasanya negara yang dipilih adalah negara mapan atau maju. Jadi studinya bisa diisi dengan kegiatan sampingan seperti belanja atau berwisata,” kata Djoko.

“Dalam jumlah yang sedikit ada yang ke Timur Tengah, Arab Saudi dan Mesir. Tapi itu ujung-ujungnya umroh atau wisata,” sambungnya.

Djoko yang pernah duduk sebagai anggota DPR ini menilai, anggaran untuk studi banding meningkat sejak tahun 2009. Karena itu, kunjungan pun semakin ramai, meski tanpa arah yang jelas. (ini tentu berdasarkan pengalaman beliau saat menjadi anggota DPR-RI periode 2004-2009 lalu, @TS).

Politisi PAN ini mengaku heran karena tidak pernah ada kabar studi banding atau kunjungan ke negara-negara miskin di Afrika. Padahal, untuk mencari sebuah perbandingan, tidak melulu harus dari negara maju.

“Catatan saya hampir-hampir tidak pernah ke negara-negara Afrika, untuk membandingkan kenapa mereka miskin dan tetap miskin. Kolega saya duta besar di Etiopia atau Amerika Latin termasuk jarang menerima, termasuk Zimbabwe, Sudan, dan negara lain seperti Chile, Per dan sebagainya jarang,” paparnya.

Sementara Wakil Sekjen Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Seknas-FITRA), Yuna Farhan bahkan menduga, anggota Dewan yang ingin studi banding ke Spanyol, jangan-jangan cuma untuk menonton El Clasico Barcelona vs Real Madrid.

“Bisa jadi, kan sebentar lagi Barcelona dan Madrid akan berduel di Laga Champions, jangan-jangan mereka mau nonton El Clasico dengan alasan studi banding,” kata Yuna sambil tertawa.
http://monitorindonesia.com/2011/04/...an-el-clasico/



Dubes Djoko Susilo Bikin Panas DPR-RI

Duta Besar R.I. di Swiss, Djoko Susilo kini rame-rame di"kerubut"i anggota DPR-RI. Reaksi keras disampaikan atas kritiknya terhadap studi banding ke luar negeri anggota DPR-RI.

Tak kurang Wakil Ketua DPR dari Partai Golkar Priyo Budi Santoso, Ketua Fraksi Partai Demokrat M. Jafar Hafsah, Ketua Fraksi PPP Hasrul Azwar dan Akbar Faisal dari Hanura memberikan reaksi. Reaksi keras DPR-RI tampaknya akan berbuntut panjang. DPR-RI bakal mengevaluasi dan memangkas anggaran seluruh diplomat yang dinilai tak produktif.

Djoko Susilo, mantan Komisi I-DPR ketika diwawancarai televisi belum lama ini mengeritik studi banding anggota DPR-RI yang katanya 90 persen tak bermanfaat. Bahkan ia mensinyalir tak sedikit anggota DPR yang saat studi banding lebih banyak menggunakan waktunya untuk plesiran.

Kritik Djoko Susilo sebenarnya bukan merupakan hal yang baru. Ribut-ribu soal studi banding ke luar negeri DPR-RI sudah lama berkembang dan terjadi di masyarakat.. Bahkan masyarakat menggugat dengan melakukan unjuk rasa. Tokoh masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) melancarkan kritik pedas dan protes terhadap kegiatan studi banding ke luar negeri anggota DPR-RI. Studi banding itu dianggap hanya menghambur-hamburkan uang negara. Begitu banyak dan gencarnya kritik dan protes dilancarkan, DPR-RI seakan membisu. Orang bilang sudah berbusa-busa mulut menuntut ditiadakannya studi banding ke luar negeri, DPR-RI tetap tak peduli. Bahkan DPR seakan menantang. Di saat-saat mengakhiri masa sidangnya beberapa waktu lalu, studi banding ke luar negeri rame-rame tetap dilakukan. Negara yang dikunjungi negara favorit seperti Inggeris, Amerika , Jepang dan Eropa. Alasannya sederhana, sudah terjadual.

Tapi ketika keluar pernyataan tentang studi banding dari seorang duta besar, maka ceritanya menjadi lain. Djoko Susilo yang pernah jadi wartawan dan kini Dubes RI di Swiss mengatakan studi banding ke luar negeri anggota DPR-RI itu 90 persen tak bermanfaat. Hasrul Azwar cepat bereaksi mengatakan sebagai mantan anggota DPR-RI tak sepatutnya melontarkan kritik seperti itu. Tidak etis. Itu keterlaluan. Presiden SBY perlu menegurnya. Hasrul minta Djoko tak berburuk sangka. Fraksi PPP ketat memberikan izin anggotanya untuk studi banding, katanya. Jafar Hafsah mengatakan kritik Djoko tidak pantas. Duta Besar yang mengatur jadual bertemu dengan presiden, perdana menteri, parlemen dan pengusaha. Dubes yang "menasehati" kegiatan kita, kata Jafar Hafsah.

Reaksi cukup keras diberikan Priyo Budi Santoso. Wakil Ketua DPR-RI itu bahkan tak segan-segan mengeluarkan sinyal, DPR bakal mengevaluasi dan memangkas anggaran seluruh diplomat yang dinilai tidak produktif. Djoko dikatakannya termasuk yang tak produktif. Priyo mengaku banyak dapat telepon dari anggota DPR untuk mengevaluasi keberadaan diplomat Indonesia.

Sebenarnya kritik ataupun potes terhadap studi banding ke luar negeri anggota DPR-RI adalah wajar. Hanya saja karena yang melakukannya seorang dubes, maka hal itu dianggap tidak etis. Meski bukan merupakan hal baru, tapi bagi masyarakat luas, kritik Djoko Susilo punya arti tersendiri. Lepas dari kurang eloknya kritik dilakukan seorang dubes kepada DPR, paling tidak hal itu sedikit banyak menyentakkan lembaga legislatif itu. Pantas dan wajar DPR-RI memberikan reaksi.

Hanya saja pernyataan Priyo Budi Santoso yang mengatakan DPR akan mengevaluasi kerja diplomat Indonesia yang dinilai tidak produktif, termasuk memangkas anggarannya dapat dianggap berlebihan. Mudah-mudahan pernyataan itu hanya "slip of the tounge" saja, dan bukan menunjukkan sikap "balas dendam".

Barangkali ada yang berkata, untung ada Dubes Djoko Susilo, kalau tidak, DPR-RI bisa akan terus terlena dengan studi banding ke luar negeri yang sudah lama bikin masyarakat muak. Masyarakat sekarang menunggu, apakah kritik itu akan membawa pengaruh kepada kinerja DPR-RII Ataukah Djoko Susilo akan ditarik dari tugasnya sebagai Duta Besar RI di Swiss? Kalaupun iya, bagi Djoko Susilo rasanya tak jadi masalah. Ia bisa kembali menjadi wartawan.
http://www.analisadaily.com/index.ph...mum&Itemid=131

-------------

Anggota DPR kagak perlu kebakaran jenggot dengan pernyataan pak Djoko Susilo. Beliau hanya menyampaikan pengalamannya saja ketika menjabat sebagai anggota DPR-RI periode 2004-2009 lalu, kalau sedang berdinas ke luar negeri ...

BESAR dengan Mimpi

BESAR dengan Mimpi
Ada 4 jenis pemimpi dalam kehidupan manusia...

Spoiler for pertama:
Takut bermimpi
Manusia seperti ini hanya sekedar ingin bermimpi, tetapi tidak berani bermimpi. Sebab, ia ingin sukses tetapi tidak berani melangkah untuk mengawali karena takut dengan kegagalan. KEhidupannya dicekam rasa takut dan pesimis. Inilah kelompok manusia yang pengecut.
Semoga kita para juragan IYEC tidak dalam kategori ini

Spoiler for kedua:
Pemimpi masa silam
Ia ingin bermimpi, tetapi mimpinya hal-hal masalalu. Ia selalu dibayang2i kejadian masalalu yang menyakitkan. Biasanya mereka terlalu 'menuhankan' rasionalnya.

Spoiler for ketiga:
bermimpi kecil
Orang seperti ini biasanya minder dengan kemampuannya yang ia miliki. Golongan seperti ini senang mengecilkan kapasitasnya yang sebenarnya sangat besar.

Spoiler for keempat:
mimpi indah
Bermimpi dengan penuh strategi dan rancangan. Seakan2 mempersiapkan segala sesuatu yang akan terjadi. Dalam mimpinya selalu memperhitungkan kondisi. Biasanya orang yang seperti ini mampu mengatasi setiap masalah.



Intinya Gan...jangan takut bermimpi. Bermimpilah yang indah, yang efektif dan masuk akal. Dengan itu Tuhan memberikan arah yang baik dalam kehidupan kita.


Burung hidup dengan udara,
tapi dengan udara burung bisa bermasalah.
Ikan hidup dengan air, tapi dengan air ikan bisa bermasalah.
Manusia hidup dengan masalah, tapi dengan masalah manusia akan jadi manusia.
Bukankah layang-layang bisa terbang dengan indah karena
menghadapi tiupan angin;
bukan mengikuti kemana angin berhembus!